Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Rudy Heriyanto Adi Nugroho mengungkapkan upaya KKP membagikan 10 ton ikan sehat bermutu kepada masyarakat hingga pelajar pada rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-25 sebagai salah satu bagian kampanye meningkatkan konsumsi protein ikan.

"Makna kegiatan ini sebagai bagian dari kampanye meningkatkan konsumsi protein ikan sebagai wujud ketahanan pangan nasional, sekaligus mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), serta mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan yang kaya protein dan manfaat,” ujar Rudy di Jakarta, Jumat.

Paket ikan jenis layang hasil tangkapan nelayan dibagikan kepada warga sekitar Gedung KKP, yayasan panti asuhan, panti jompo, sekolah, hingga pondok pesantren.

KKP, lanjut dia, terus berupaya meningkatkan angka konsumsi protein, khususnya yang bersumber dari ikan di tengah masyarakat dan mendukung penuh program makan bergizi gratis yang dicanangkan pemerintah, melalui produk-produk perikanan berkualitas.

Sementara itu. Kepala Seksi Pemerintah Kelurahan Gambir Andhy Bato Raya menilai aksi KKP dapat mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan, terlebih ikan yang dibagikan memiliki kualitas yang baik.



“Ini positif ya, ikan itu proteinnya tinggi. Jadi kalau ada pembagian seperti ini berarti mendorong warga meningkatkan konsumsi ikan. Ini juga sejalan dengan upaya-upaya pencegahan stunting, yang di kelurahan juga ada," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengimbau seluruh jajarannya untuk menyemarakkan HUT Ke-25 KKP dengan berbagai aksi positif yang dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.
 

Pewarta : Sinta Ambarwati
Editor : Sarjono
Copyright © ANTARA 2024