Kendari (ANTARA) - Personel Brimob Polda Sulawesi Tenggara mendistribusikan air bersih ke warga Desa Bajoe Indah, Kecamatan Soropia, desa pesisir di Kabupaten Konawe, Sultra.

Komandan Satuan Brimob Polda Sultra Kombes Pol Sugianto Marweki bersama Danyon A Pelopor Kompol Aris Rallang di Kendari, Jumat, mengatakan musim kemarau yang melanda sebagian wilayah Indonesia, termasuk Kecamatan Soropia, Konawe, telah mendorong pihaknya menurunkan bantuan air bersih.

"Sejak dua hari lalu tepatnya pada Rabu,(23/10) telah menerjunkan personel untuk mengirim ribuan liter air bersih dengan menggunakan mobil armoured water canon.

Di tengah musim kemarau saat ini, warga terpaksa menempuh jarak jauh untuk mendapatkan pasokan air bersih demi memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Salah satu desa yang terdampak parah adalah Desa Bajoe Indah di Kabupaten Konawe.

Rallang menjelaskan kondisi kemarau yang berkepanjangan telah memaksa banyak warga membeli air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Untuk itu, Brimob terus berupaya mendistribusikan air bersih secara gratis kepada warga yang membutuhkan. Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam membantu masyarakat," ujarnya.

Distribusi air bersih ini dilakukan sebagai bagian dari instruksi Kapolri melalui Kapolda Sultra untuk memastikan bahwa masyarakat yang terdampak kekeringan mendapatkan bantuan yang diperlukan.

"Ini adalah wujud nyata dari bakti Polri untuk masyarakat," ujar dia.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan dapat meringankan beban warga di tengah kesulitan yang dihadapi akibat kemarau berkepanjangan serta memberikan sedikit rasa tenang kepada mereka yang selama ini kesulitan mendapatkan akses air bersih.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Faidin
Copyright © ANTARA 2024