Kendari (ANTARA) - Sebanyak 627 karya inovasi mahasiswa dari beberapa kampus di Indonesia dipamerkan pada kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo Ke-15 Tahun 2024 di Universitas Halu Oleo (UHO) Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Pada kegiatan KMI Expo tersebut dilaksanakan selama 23-25 Oktober 2024 dan diikuti sebanyak 287 universitas di Indonesia," kata Rektor Universitas Halu Oleo Sultra Muhammad Zamrun Firihu di Kendari, Kamis.

Ia menjelaskan KMI Expo untuk menampilkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dari seluruh Indonesia dan ajang untuk mempererat silaturahim di antara seluruh mahasiswa Indonesia.

Ia mengatakan program mahasiswa wirausaha merupakan cikal bakal universitas di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta, tidak hanya berorientasi menjadi pegawai negeri sipil (PNS) tetapi juga menggali bakat lain mereka.

"Yaitu jiwa interpreneurship (kewirausahaan) sehingga itu akan berguna pada saat mereka nanti lulus dari bangku perguruan tinggi," ujarnya.

Ketua Panitia KMI Expo Ke-15, Sarina, mengatakan ajang itu tempat bertemu wirausaha mahasiswa dari seluruh Indonesia dan silaturahim nasional antarmahasiswa yang saling berkompetisi mengenalkan produknya.

Selain itu, kesempatan penting, khususnya mahasiswa, untuk menggali potensi kewirausahaan, berbagi ilmu, dan memperluas jejaring.

“Kegiatan menjadi ajang yang dinanti-nanti setiap tahun, karena di sini menjadi wahana kreativitas, inovasi, serta semangat juang para wirausaha muda dari seluruh Indonesia, dan kami sangat bangga, karena UHO dipercaya menjadi ruang rumah,” katanya.

Dalam KMI Expo tersebut, pihaknya mempersiapkan 400 tenda untuk seluruh peserta dari perwakilan perguruan tinggi di Indonesia.

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Faidin
Copyright © ANTARA 2024