Kendari (ANTARA) - Tim Pengabdian Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari mengenalkan aplikasi Pendidikan Sosiologi Politik ke pemilih pemula di Desa Lawoila, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Tim Pengabdian UHO Iriyani Astuti Arief saat ditemui di Konsel, Senin, mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula di wilayah Bumi Anoa pada Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak yang akan digelar 27 November mendatang.

"Dengan adanya aplikasi ini diharapkan para pemilih pemula paham akan pentingnya suara mereka dalam pemilihan umum pada bulan November mendatang," kata Iriyani Arief.

Dia menyebutkan bahwa dalam sosialisasi tersebut juga dikenalkan kepada para pemilih pemula terkait dengan aplikasi yang terdapat pengetahuan serta informasi-informasi mengenai pemilih pemula, bagaimana menjadi pemilih cerdas, dan hak-hak pemilih.

"Mengingat, pemilih pemula merupakan pemilih yang baru pertama kali memberikan suaranya. Di dalam aplikasi itu juga terdapat harapan bagi para pemilih dan yang paling penting dalam aplikasi ini juga terdapat figur Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Konawe Selatan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Lawoila Mudji berharap dengan sosialisasi yang diberikan tersebut dapat memberikan pengetahuan baru bagi para pemilih pemula, agar kesadaran politik mereka tumbuh dan bisa menjadi pemilih cerdas.

"Semoga dengan sosialisasi ini dapat memberi dan menambah wawasan kepada para pemilih pemula di Kabupaten Konsel ini untuk bisa ikut berpartisipasi pada Pilkada 2024," jelas Mudji.

Diketahui, Tim Pengabdian UHO yang ikut terlibat dalam sosialisasi di Desa Lawoila yang merupakan desa binaan Program Studi Ilmu Politik, Fisip UHO, antara lain Ketua Tim Dr. Hj. Dewi Anggraini., S.Sos. M.Si serta anggota tim Dr. Aryuni Saliyana Jabar., SP., M.S, Iriyani Astuti Arief., S.IP.,M.Si, dan Rahman Ako., S.Sos., M.AP.

 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024