Kendari (ANTARA) - Pasangan Muh.Sultan Aulia Armin Putra dan Andi Nur Cahyati Amir Sutejo meraih predikat juara pertama pada lomba Duta Museum Sulawesi Tenggara (Sultra) Tahun 2024.

Lomba Duta Museum yang diselenggarakan UPTD Museum dan Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra pada Sabtu (20/10) malam,  merupakan program rutin setiap tahun yang bertujuan mendukung kegiatan promosi museum di Sulawesi Tenggara.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dikbud Prov. Sultra Laudin  mengatakan final pemilihan duta museum yang di selenggarakan di salah satu hotel di Kendari yang diikuti 74 peserta putra dan putri.

"Peserta melalui beberapa tahap seleksi meliputi administrasi, wawancara dan pengetahuan umum tentang pengenalan museum hingga seleksi masuk 10 besar grand final putra dan putri," ujar Laudin di dampingi Kasubag TU W.Syuhidah.

Di puncak final, kata dia, tiga orang tim juri kemudian melakukan seleksi lagi untuk menghasilkan empat besar.

Ia berharap, peserta yang terpilih sebagai duta tersebut, mampu membangun komunikasi, promosi, serta edukasi kepada masyarakat melalui media sosial.

"Dan yang terpenting dalam Lomba Duta Museum ini adalah untuk memaksimalkan potensi generasi muda dalam meningkatkan pengetahuan terkait Museum Sultra," ujarnya.

Pemenangnya adalah juara pertama (putra) Muh Sultan Aulia Armin Putra, juara kedua La Dandi, juara ketiga Faisal.

Juara pertama (putri) Andi Nur Cahyati Amir Sutejo, juara kedua Bulqis Azahrah, juara ketiga Adel Nugraha.

Para pemenang selain mendapat selendang, piagam dan piala juga mendapatkan uang pembinaan masing-masing senilai Rp2,5 juta, Rp1,750 juta, dan Rp1,250 juta.


Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Sarjono
Copyright © ANTARA 2024