Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Muna mengatakan Danau dan Terowongan Napabale merupakan ikon pariwisata di yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Danau Napabale memiliki daya tarik luar dan menjadi ikon pariwisata. Kita semua perlu bersinergi untuk memastikan ini bisa dikembangkan lebih lanjut, dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan," ujar Andap di Kabupaten Muna, Kamis.

Kunjungan ke destinasi wisata unggulan ini untuk melihat serta mempromosikan keindahan dan objek wisata danau ini sebagai destinasi unggulan, tidak hanya di Kabupaten Muna dan Sultra bahkan nasional.

Selain terkenal dengan air yang jernih dan dikelilingi tebing karst yang menjulang, Danau Napabale, juga terkenal dengan keunikan danau yang terhubung ke laut melalui sebuah terowongan alam, sebagai salah satu kekayaan alam yang bisa menggerakkan sektor pariwisata.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Andap menegaskan pentingnya menjaga dan mengembangkan Danau Napabale sebagai salah satu daya tarik pariwisata di Sultra.

Menurutnya, potensi wisata ini bisa memberikan kontribusi besar bagi perekonomian lokal jika dikelola dengan baik dan dilengkapi dengan promosi yang optimal.

Selain itu, Pj Gubernur juga menggarisbawahi pentingnya peningkatan promosi, baik di tingkat nasional maupun internasional, agar Danau Napabale bisa dikenal lebih luas.

Selain itu, seiring dengan peningkatan infrastruktur di sekitar danau akan sangat membantu dalam memudahkan akses wisatawan.

"Infrastruktur yang baik sangat penting untuk mendukung pertumbuhan pariwisata di daerah ini," tambahnya.

Melalui kunjungan ini, Pj Gubernur berharap Danau Napabale dapat terus dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang membawa dampak positif bagi perekonomian daerah.

Dengan kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta, diharapkan pariwisata Muna akan semakin maju dan membawa Sultra menjadi salah satu tujuan wisata terkemuka di Indonesia.

Dalam kunjunganya ke Kabupaten Muna ini Pj Gubernur juga memberikan pengarahan kepada jajaran Pemkab Muna dan Muna Barat terkait netralitas ASN, khususnya dalam menghadapi Pilkada mendatang.

Turut serta dalam kunjungan tersebut, Penjabat sementara (Pjs) Bupati Muna Hj.Yuni Nurmalawati serta Pimti Pratama Tk II Pemkab Muna.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024