Kendari (ANTARA) - Perempuan telah menjadi bagian penting dari dunia bisnis di Indonesia, selain menjadi pelaku UMKM yang ikut menghidupkan ekonomi di tengah masyarakat, keberadaan Perempuan dalam berbagai sektor juga mendukung pesatnya pemberdayaan yang produktif bagi sesamanya.

Fenomena pesatnya jumlah pebisnis Perempuan dari data yang ada menunjukkan semangat perempuan untuk lebih mandiri dan berdaya melalui bisnis yang dijalankan. Meskipun tetap saja masih ditemukan kendala yang harus dihadapi para Perempuan Indonesia dalam menjalani perannya dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah hambatan dalam hal permodalan dan pemberdayaan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan masing-masing individu.

Sebagai salah satu pelaku bisnis Perempuan di bidang Teknologi, CCO dan Co Founder Kasir Pintar Sitti Raisya, Kamis, mengatakan bahwa isu kesetaraan gender kerap kali dibicarakan khususnya dalam Pembangunan ekonomi.

“Sebagai Perempuan dan juga pelaku bisnis, saya berharap Perempuan juga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam memberdayakan dirinya menjadi lebih mandiri dalam kehidupan dan juga finansial. Salah satunya bisa diwujudkan melalui kemudahan akses pelatihan dan membangun ekosistem yang positif untuk para Perempuan,” kata Sitti Raisya.

Dia menyebutkan bahwa hal itu sejalan dengan banyaknya data yang menunjukkan bahwa meningkatnya jumlah pebisnis Perempuan mampu mendukung perekonomian secara keseluruhan dan mengurangi kesenjangan ekonomi.

Tentunya melalui langkah strategis yang harus terus dikembangkan di berbagai bidang untuk mendukung peningkatan skill yang dibutuhkan bagi seorang pebisnis.

Salah satu upaya yang terus digerakkan Sitti Raisya bersama Kasir Pintar adalah terus mengupayakan untuk memberikan edukasi seputar bisnis dan teknologi kepada seluruh pelaku UMKM yang ada di berbagai wilayah di Indonesia secara gratis. Tidak hanya berfokus di sekitar pulau Jawa, namun Kasir Pintar juga terus bergerak menjangkau daerah-daerah seperti Sumatera, Kalimantan hingga Sulawesi.

“Kami memiliki program pelatihan yang disebut Edukaspin, yang mana ini adalah pelatihan atau webinar untuk pelaku UMKM di seluruh Indonesia yang biasanya kami adakan secara online dan gratis. Harapannya supaya siapapun yang mau berdaya, mau berkembang, tidak terhalang lagi dengan jarak ataupun biaya yang harus dikeluarkan.” ujarnya.

Kasir Pintar dan Pelatihan UMKM

Kasir Pintar berperan dalam menguatkan ekosistem UMKM melalui pelatihan digitalisasi dan penggunaan sistem kasir yang mudah digunakan. Program ini ditargetkan untuk membantu UMKM, khususnya di daerah, agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat. Melalui pendekatan ini, diharapkan para perempuan pengusaha di daerah dapat meningkatkan daya saing dan mengoptimalkan pendapatan usaha mereka.

“Meskipun melalui online, tapi saya terbantu dengan adanya webinar dari Kasir Pintar karena masih sangat jarang sekali daerah kami dijangkau untuk mendapatkan pembekalan mengenai digitalisasi seperti ini. Semoga nanti bisa diadakan pelatihan langsung di daerah kami di Konawe .” ujar Tata Arista salah satu peserta Edukaspin x Rumah BUMN Konawe.

Beberapa pelatihan UMKM yang dilakukan oleh Kasir Pintar juga diadakan melalui pendekatan langsung ke wilayah lain, misalnya di Klaten-Jawa Tengah, hingga di beberapa kota di Jawa Timur. Bersama komunita UPRINTIS, Kasir Pintar mengajak pelaku UMKM yang didominasi oleh Perempuan untuk bisa berdaya melalui pelatihan yang diberikan.

Sementara itu, direktur Partnership Uprintis Indonesia Rani mengungkapkan bahwa pihaknya juga mengapresiasi kegiatan kasir pintar yang menjangkau pelaku UMKM.

“Kami sangat senang bisa bekerjasama dengan Kasir Pintar untuk bisa menjangkau pelaku UMKM, khususnya Ibu-Ibu untuk kita ajak beradaptasi dengan digitalisasi salah satunya dengan belajar tentang pencatatan bisnis secara digital ini," jelasnya.

Inisiatif Kasir Pintar dalam Program SheHacks

Dalam misinya untuk terus memberikan edukasi pada pelaku UMKM di Indonesia, Kasir Pintar juga turut bergabung bersama SheHacks. SheHacks merupakan salah satu Corporate Social Responsibility (CSR) Program dari Indosat Ooredoo yang bertujuan untuk memperluas inovasi dalam mengurangi kesenjangan gender dalam berbagai sektor terutama di bidang ekonomi dan pemberdayaan Perempuan.

Kesamaan visi misi yang dilakukan dalam ekosistem SheHacks seperti bootcamp, program inkubasi, webinar rutin, serta pendampingan dan mentoring intensif juga sudah dilakukan Kasir Pintar secara konsisten dalam 6 (enam) tahun terakhir.  

Bergabunganya Kasir Pintar dalam ekosistem ini diharapkan mampu meningkatkan peranan Kasir Pintar sebagai salah satu produk digital yang juga turut mendukung pemberdayaan pendidikan, kemudahak akses dan permodalan hingga kemandirian perekonomian yang setara untuk seluruh Perempuan di Indonesia.

 


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024