Kendari (ANTARA) - Asian Medical Students Association (AMSA) Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa screening kesehatan yang menyasar para pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Panitia Kegiatan Baksos AMSA UHO Kendari Muhammad Syafin Muskalam saat ditemui di Kendari Kamis, mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut dilakukan sirkumsisi penyuluhan hipertensi dan screening kesehatan dengan mengangkat teman Circumcision Awareness Responsible Education (CARE).

“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Divisi Community Outreach AMSA UHO. Tujuannya sebagai wadah pengembangan setiap member AMSA UHO untuk meningkatkan ilmu dan skill yang dimiliki, serta dapat menjadi peluang bagi setiap peserta mengaplikasikan secara langsung ilmu dan skill-nya sebagai mahasiswa kedokteran kepada masyarakat,” kata Muhammad Syafin Muskalam.

Dia menyebutkan, kegiatan itu juga sejalan dengan lingkup perjanjian kerja antara AMSA Indonesia dengan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. AMSA berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, terutama dalam hal pencegahan dan diet hipertensi.

"Sebagai bagian dari upaya tersebut, penyuluhan mengenai hipertensi diselenggarakan untuk memberikan pemahaman lebih baik kepada masyarakat tentang penyakit tersebut, faktor risiko, dampak bagi kesehatan, langkah-langkah pencegahan, dan diet yang bisa dilakukan terhadap penyakit hipertensi," ujarnya.

Syafin mengungkapkan pula bahwa dalam kegiatan itu, para peserta penyuluhan diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan tenaga medis yang ahli di bidangnya masing-masing.

Setelah sesi penyuluhan dilanjutkan dengan kegiatan sirkumsisi (sunatan) dengan sasaran pada anak-anak yang dilakukan oleh dokter-dokter dan para member AMSA UHO.

Selain itu dilaksanakan juga pemeriksaan kesehatan. Peserta memiliki kesempatan untuk secara langsung memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, kadar kolesterol, dan kadar asam urat mereka menggunakan alat yang tersedia.

“Hasil pemeriksaan memberikan informasi awal tentang kondisi peserta dan dapat menjadi titik awal untuk mengambil langkah-langkah preventif lebih lanjut,” katanya.

Kegiatan AMSA UHO itu mendapat sambutan positif dari masyarakat setempat. Banyak warga yang memanfaatkan kesempatan itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Acara itu tidak hanya memberikan layanan kesehatan langsung, tetapi juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin dan gaya hidup sehat.

“Melalui kegiatan ini, AMSA UHO menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi positif terhadap kesehatan masyarakat, sekaligus memberikan pengalaman praktis bagi mahasiswa kedokteran UHO dalam melayani masyarakat,” kata Syafin.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024