Kendari (ANTARA) -
Lembaga Survei Lokal The Haluoleo Institute (THI) Sulawesi Tenggara merilis hasil survei empat pasangan calon peserta pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024. Menempatkan Lukman Abunawas dan La Ode Ida meiliki elektabilitas tertinggi. 

Direktur Eksekutif The Haluoleo Institute, Naslim Sarlinto, di Kendari, Rabu, saat merilis hasil survei mengatakan bahwa dari empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan mengikuti Pilkda Sultra 2024 yang tertinggi adalah Lukman Abunawas dan La Ode Ida dengan elektabilitas sebesar 33.8 persen

"Disusul pasangan calon Andi Sumangerukka-Hugua dengan elektabilitas 25.7 persen, Tina Nur Alam- La Ode Muh Ihsan 20.3 persen, dan Ruksamin-Syafei Kahar dengan elektabilitas 7.3 persen," katanya. 

Sementara dukungan tidak tahu atau belum memutuskan dan tidak jawab atau rahasia sebesar  12.9 persen. 

Ia mengatakan bahwa survei elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur tersebut dimulai sejak 11-18 September 2024 dengan total responden sebanyak 880 orang tersebar di 17 kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara.

"Adapun metodenya menggunakan metode multi stage random sampling. Dan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner, serta margin of errors 3,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen," ujarnya. 

Menurut Naslim, tingginya elektabilitas Lukman-La Ode Ida karena keduanya memiliki rekam jejak yang baik sehingga masyarakat dominan untuk memilih pasangan tersebut.

Sebab, Lukman pernah menjabat sebagai Bupati Konawe dua periode, mantan Wakil Gubernur Sultra dan mantan Sekda Sultra. Sedangkan wakilnya, La Ode Ida, merupakan salah satu mantan anggota DPD yang meraih suara terbanyak.

Diketahui, The Haluoleo Institute telah terdaftar di Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) dan juga telah terdaftar di KPU dan Bawaslu dan dinyatakan bahwa memenuhi syarat untuk melakukan survei Pilkada Sultra 2024.

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024