Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Badang Keuangan Daerah (BKD) meraih penghargaan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P2DN) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI)

Kepala BKD Kabupaten Konawe Kepulauan Mahmud saat dihubungi di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian itu diberikan untuk kategori terbaik Pemerintah Kabupaten Tahun 2024.

"Saya mewakili Pemerintah Daerah menerima langsung dari Mendagri Tito Karnavian," kata Mahmud.

Dia menyebutkan bahwa penghargaan P2DN yang diraih oleh Pemkab Konawe Kepulauan tersebut merupakan buah dari komitmen dan kerja keras yang dilakukan bersama dalam mendorong optimalisasi belanja daerah dan penggunaan produk dalam negeri.

“Alhamdulillah, atas nama Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan kami menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan dari Kemenkeu yang tertuang dalam KMK 353 tahun 2024 atas alokasi Dana Insentif Fiskal,” ujarnya.

Mahmud mengungkapkan bahwa Pemkab Konawe Kepulauan juga secara berkala terus melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik dari aspek perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pelaporan diantaranya melalui TAPD dengan memetakan perencanaan anggaran berbasis ketersediaan sumber daya yang tersedia di daerah.

“Penggunaan aspal Buton untuk infrastruktur jalan di Konkep, pengadaan barang/jasa, memperhatikan sumber daya yang tersedia di daerah, proses penatausahaan dalam percepatan belanja dan pelaporan daerah yg terintegrasi secara digital melalui SIPD,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya terus melakukan inovasi dan perbaikan dalam pengelolaan keuangan daerah, salah satunya adalah kepatuhan terhadap regulasi dan ketepatan dalam pelaporan keuangan pada kementerian terkait secara berkala.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Pimpinan daerah Pak Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan kerja sama yang baik dari seluruh OPD dalam mendorong optimalisasi pengelolaan daerah yang baik dari waktu ke waktu,” ungkap Mahmud.

Selain Konawe Kepulauan, daerah lainnya di Sultra yang menerima penghargaan P2DN tahun 2024 adalah Kabupaten Kolaka Utara.*


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024