Kendari (ANTARA) - H.Abdurrahman Shaleh, SH, M.Si yang juga Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil mempertahankan Disertasinya Program Doktor Ilmu Manajemen Pascasarjana Universitas Haluoleo (UHO) Kendari dengan meraih predikat Cumlaude.

Di hadapan 11 orang penguji, Abdurrahman Shaleh setelah mempresetasikan Disertasi yang berjudul "Pengaruh Servant Leadership dan Ethic Leadership Terhadap Kreativitas Pegawai Dimediasi oleh Pembelajaran Organisasi (Studi pada pegawai provinsi Sulawesi Tenggara)" dilakukan di gedung Pascasarjanai UHO Kendari, Selasa.

Ia menuturkan, pokok masalah penelitian di hadapan para tim penguji yang di Ketua Prof.Dr.Ir.H.Takdir Saili, M.Si itu yang mengangkat bagaimana pengaruh Servant Leadership terhadap kreativitas pegawai di lingkungan Pemprov Sulawesi Tenggara.
  H.Abdurrahman Shaleh saat mempertahankan disertaainya di hadapan 11 penguji pada sidang promosi dokter di kampus Pascasarjana UHO di Kendari, Selasa. (Antara/Azis Senong)
Konsepsi judul disertasi itulah, di tuangkan oleh Dr.Abdurrahman Shaleh dengan melakukan pengujian hipotesa di bagi dalam tujuh bagian (H1 hingga H7). Dan berdasarkan hasil analisis dan pembahasan serta kajian teoritis dan empiris maka temuan hasil penelitian dituangkan dalam empat (4) bagian yakni:

Yang pertama, membuktikan adanya dukungan model konseptual yang teritegrasi antara servant leadership dan ethic leadership terhadap kreativitas pegawai dimediasi oleh pembelajaran organisasi pegawai, dimana penelitian terdahulu dilakukan secara terpisah (parsial)

Kedua, temuan penelitian ini membuktikan bahwa servant leadership dan ethic leadership terhadap kreativitas pegawai dimediasi oleh pembelajaran organisasi pegawai OPD di Sulawesi Tenggara.

Ketiga, hasil penelitian ini menujukkan bahwa servant leadership dan ethic leadership mampu meningkatkan kreativitas  pegawai dimediasi oleh  pembelajaran organisasi pegawai.

ke empat adalah pembelajaran organisasi berperan secara nyata dalam memediasi pengaruh servant leadership maupun ethic leadership terhadap kreativitas pegawai.

Dari hasil kesimpulan disertasi Abdurrahman Shaleh mengatakan servant leadership berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kreativitas pegawai. Hal ini  menunjukkan bahwa pimpinan yang menggerakkan bawahannya dengan penuh kasih sayang, kerendahan hati, memiliki visi, memberdayakan pegawai dan menghormati setiap pegawai. Hal ini tidak mampu mendorong pegawai untuk meningkatkan kemampuannya dalam menemukan pemikiran yang baru.

Promotor Prof.Dr.Samdhin, SE,M.Si bersama Ko-Promotor I Prof. Buyung Sarita dan Ko-Promotor II Dr.Sriwiyati Mahrani menyampaikan selamat kepada Abdurrahman Shaleh yang telah mempertahankan disertasinya sekaligus mencatatkan dirinya menjadi doktor ke-356 di UHO di tahun 2024. H.Abdurrahman Shaleh saat mendapat ucapan selamat dari Andi Sumagerukka saat menghadiri mempertahankan disertaainya di hadapan 11 penguji pada sidang promosi dokter di kampus Pascasarjana UHO di Kendari, Selasa. (Antara/Azis Senong)

Hadir pada sidang promosi doktor, diantaranya Mayjen TNI (Purn).Andi Sumagerukka (ASR) yang juga calon Gubernur Sultra 2024 dan Ny.Suri Syamsam (istri Abdurrahman Shaleh) dan puluhan tokoh masyarakat dan perwakilan dari kampus UMK, Unsultra, IAIN dan organisasi lainnya.

Secara terpisah, calon Gubernur Sultra Andi Sumagerukka mengatakan selamat kepada Abdurrahman Shaleh yang telah berhasil menguasai materi disertasinya di hadapan para penguji.

"Sekali lagi selamat buat Pa Rahman Shaleh yang mencapai predikat Cumlaude dan semoga Ilmunya dapat berguna bagi masyarakat," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024