Kendari (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia(Kemenkumham) Sulawesi Tenggara(Sultra), Silvester Sili Laba  melakukan kunjungan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Kendari , Senin, untuk memastikan seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) mendapatkan makanan yang layak  dan asupan gizi tercukupi.

Kakanwil Kemenkumham Sultra didampingi Kepala Rutan Kelas IIA Kendari Herianto beserta jajarannya mengatakan kunjungannya kali ini membawa misi penting yakni memastikan WBP Rutan Kendari mendapatkan haknya sesuai aturan dan SOP yang berlaku.

“Monitoring ini juga sebagai salah satu bentuk hospitality yang dilaksanakan oleh Kakanwil terhadap warga binaan pemasyarakatan,” kata Kakanwil Silvester.

Menurutnya, salah satu hak yang wajib diterima WBP adalah mendapatkan makanan yang layak serta dapat memenuhi porsi setiap WBP yang ada di Rutan.

Dalam kunjungan itu, Kakanwil mengawasi langsung pembagian makanan setiap WBP dan menyempatkan untuk mencicipi dan mencoba makanan tersebut untuk mengetahui bagaimana rasa dan juga kualitas yang disajikan untuk WBP Rutan Kendari.

"Terima kasih kepada seluruh jajaran melalui Rutan Kendari teman-teman semua telah memberikan pelayanan yang humanis, dengan hati yang paling dalam serta dapat memenuhi kuantitas dan kualitas dari makanan yang diberikan kepada WBP,” katanya.

Ia menambahkan bahwa hal ini merupakan arahan langsung Menkumham RI dimana  wajib memperhatikan makanan yang diberikan kepada WBP tiga kali sehari dan porsinya cukup serta kualitasnya baik.

“Saya harap kondisi ini tetap terus dijaga ke depannya, agar seluruh WBP dapat memenuhi kebutuhan asupan gizinya dan walaupun berada di dalam penjara namun makanan dan minuman yang diperoleh bisa dimaksimalkan dengan baik demi kesejahteraan WBP selama berada dibalik jeruji besi,” tambahnya.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024