Kendari (ANTARA) - Bupati Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Haliana mengatakan, Expo UMKM yang telah berlangsung sejak 10 hingga 14 September 2024 memiliki peran yang sangat penting bagi ekonomi di daerah.

"Melalui expo UMKM tahun ini pemerintah Wakatobi ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa Wakatobi tidak hanya memiliki keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga memiliki masyarakat yang kreatif inovatif dan berdaya saing," kata Haliana, dalam pernyataan resmi yang diterima di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, melalui ajang expo UMKM ingin menunjukkan bahwa produk-produk lokal Wakatobi memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk dari daerah lain bahkan dari luar negeri.

Diungkapkan Haliana, bahwa hal itu sebagai upaya di samping memasarkan lebih luas, agar tercipta produk-produk berkualitas. Baik produknya maupun juga kualitas pelaku UMKM.

"Melalui expo UMKM ini nantinya bisa bersaing secara lebih luas baik di kancah nasional maupun mancanegara. Kegiatan Wakatobi Wave diharapkan tidak hanya sebagai festival budaya dan pariwisata, tetapi juga sebuah upaya untuk membangun citra dan identitas daerah kita di mata dunia," ungkapnya.

Untuk diketahui, expo UMKM yang diikuti sebanyak 30 tenant dipusatkan pada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Alun-alun Merdeka, Kecamatan Wangi Wangi Wakatobi.

Sebelumnya, Sekda Kabupaten Wakatobi Nadar dalam mengatakan pelaksanaan expo UMKM tersebut diharapkan dapat dicapai beberapa sasaran yang antara lain memberikan kesempatan dan keikutsertaan bagi UMKM kluster kriya, kuliner dan layanan.

Kemudian meningkatkan partisipasi UMKM dalam mengikuti kegiatan expo, sehingga berdampak pada peningkatan angka kunjungan dan omset bagi para pelaku UMKM ke Wakatobi.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024