Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menerima hasil tes kesehatan lima bakal calon wali kota dan wakil wali kota Kendari yang akan maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

"Hari ini kami telah menerima hasil pemeriksaan kesehatan kelima bakal calon pasangan wali kota dan wakil wali kota yang diserahkan langsung Direktur RSUD Kota Kendari dr. Sukirman," kata Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh, di Kendari, Senin.

Ia menuturkan bahwa hasil tes kesehatan pasangan bakal calon ini,  nantinya menjadi syarat dasar penentuan penetapan pasangan calon tersebut.

"Jadi pemeriksaan kesehatan ini menjadi syarat tahapan dalam proses pencalonan," katanya.

Kelima bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Kendari itu sendiri telah menjalani rangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUD Kota Kendari. Sesuai Surat Keputusan KPU Nomor.1090 Tahun 2024 yang pemeriksaannya dilaksanakan satu hari setelah pendaftaran di mulai, yakni 28 Agustus hingga 2 September 2024.

"Lima bakal calon wali kota dan wakil wali kota Kendari yakni Siska Karina Imran dan Sudirman, Sitya Giona Nur Alam dan Subhan, Aksan Jya Putra dan Andi Sulolipu, Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin, serta Abdul Razak dan Afdhal," ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Kendari dr.Sukirman mengatakan dalam tes periksaan kesehatan ada 13 item poliklinik spesialis, yaitu Kesehatan jiwa dan psikologi

"Jadi, masing-masing bakal pasangan calon mendapatkan jatah pemeriksaan dua hari, yang terdiri dari tes fisik dari  30-31 Agustus dan psikologi pada 1 September 2024," katanya.

Ia menyebutkan, dalam pemeriksaan kesehatan bakal calon wali kota dan wakil wali kota yang datang pertama adalah Siska Karina Imran dan Sudirman, Sitya Giona Nur Alam dan Subhan, Abdul Razak dan Afdhal, Aksan Jaya Putra dan Andi Sulolipu, Yudhi Mahardika dan Nirna Lachmuddin.
 

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024