Kendari (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), secara resmi mengukuhkan Forum Anak Kota Kendari (Fantari) yang akan menjadi wadah bagi anak-anak untuk menyalurkan aspirasi mereka.

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala saat ditemui di Kendari, Kamis, mengatakan bahwa pentingnya peran anak-anak sebagai generasi penerus bangsa saat ini serta pentingnya juga terhadap perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

"Kami harap anak-anak ini tampil sebagai agen pembaharu, penerima tongkat estafet dari orang tua mereka dan siap mengarungi bahtera masing-masing," kata Ridwansyah Taridala usai mengukuhkan Forum Anak Kota Kendari yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024.

Dia menyebutkan Fantari telah mengambil peran dalam pembangunan kota yang lebih ramah anak, sehingga Fantari tidak hanya sebagai wadah bagi anak-anak untuk menyuarakan aspirasi mereka, tetapi juga sebagai agen perubahan yang dapat berkontribusi dalam berbagai aspek kehidupan di Kota Kendari.

"Pengukuhan Forum Anak Kota Kendari menjadi media efektif belajar, berkumpul sambil mengemukakan pendapat. Forum ini saya lihat bagus untuk mengemukakan pendapat anak-anak kita dan pengurus-pengurusnya anak-anak Fantari kalau dikasih tugas saya lihat bagus dan aktif," ujarnya.

Ridwansyah Taridala berharap Fantari dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi anak-anak lainnya untuk aktif terlibat dalam kegiatan positif dan konstruktif.

Selain pengukuhan Fantari, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik seperti puisi, tari, dan tanya jawab. Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya hak-hak anak dan menciptakan lingkungan yang lebih ramah anak di Kota Kendari.

Diketahui, kegiatan pengukuhan Forum Anak Kota Kendari 2024 tersebut turut dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, perwakilan dari organisasi masyarakat, orang tua, dan anak-anak sebagai fokus utama dari kegiatan itu.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024