Kendari (ANTARA) -
Perkumpulan Persatuan Olahraga Tarik Tambang Indonesia resmi terbentuk untuk memajukan prestasi olahraga nasional khususnya di cabang olahraga Tarik tambang di seluruh Indonesia.
 
Ketua Umum Perdana Perkumpulan Persatuan Olahraga Tarik Tambang Indonesia H. Amirullah Abbas saat dihubungi Sabtu malam, mengatakan bahwa persatuan olahraga Tarik tambang Indonesia itu terbentuk pada Jumat 11 Juli 2024 dengan mengusung visi agar terwujudnya Indonesia sebagai negara yang berprestasi dan dalam bidang olah raga tarik tambang di dunia.
 
Dia menyebutkan bahwa dalam persatuan olahraga tersebut, pihaknya akan fokus dalam lima misi, yaitu Mendorong terciptanya semangat berkompetisi yang sehat yaitu menjunjung tinggi nilai etika dan nilai luhur Olympism: Friendship, Respect dan Excellent bagi warga negara Indonesia melalui bidang olahraga Tarik Tambang.
 
"Kedua, menciptakan hubungan yang kuat dan saling menguntungkan antar pemangku kepentingan di bidang olahraga Tarik tambang," kata Amirullah Abbas.
 
Kemudian, lanjutnya, yang ketiga adalah mendorong bertumbuhnya komunitas dan industri Tarik tambang di Indonesia, kemudian selanjutnya akan membangun ekosistem Tarik tambang nasional yang dilandaskan edukasi, demi terbentuknya sumber daya manusia Indonesia yang berwawasan, sehat, bugar, gembira, dan berprestasi.
 
"Yang kelima adalah agar aktif berprestasi dalam pengembangan Tarik tambang di tingkat regional dan dunia," ujarnya.
 
Ia juga menyebutkan bahwa cabang olahraga Tarik tambang telah dipertandingkan di olimpiade paris tahun 2024.

"Untuk olimpiade masih dibahas apa diikutkan dan dipertandingkan atau tidak, karena ini baru terbentuk untuk di Indonesia," tambah Amirullah Abbas.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024