Kendari (ANTARA) - Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 Tahun 2024 di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melalui Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, menyelenggarakan Lomba Kelompok KB Pria sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi kepada Kelompok KB Pria yang berperan dalam peningkatan kesertaan KB Pria.

Humas BKKBN Sultra melalui rilis yang diterima, Jumat menyebutkan, hasil verifikasi lapangan yang dilaksanakan tanggal 29 Mei sampai 12 Juni 2024 kepada nominator pemenang lomba di setiap regional, ditetapkan Kabupaten Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, sebagai terbaik II tingkat nasional tahun 2024 untuk kawasan regional 3.

Dengan nama “Kelompok KB Pria Maju Lestari” Konawe Selatan berhasil menyisihkan ratusan kelompok KB pria dari berbagai daerah di Indonesia di peringkat dua, di atas Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu dan di bawah Kota Dumai, Provinsi Riau.

Ketua Tim Kerja Akses, Kualitas Layanan KB dan Kesehatan Reproduksi Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara dr. Fithriyani Abu Kasim, M.Kes mengatakan sejauh ini jumlah peserta kelompok KB pria Maju Lestari sebanyak 14 orang, terdiri dari yang menggunakan MOP/vasektomi sebanyak 10 orang, kondom 2 orang dan 2 orang yang pasangannya menggunakan Metode Operasi Wanita (MOV).

“Kelompok KB Pria Maju Lestari Kabupaten Konawe Selatan ini Maju Lestari dibentuk sejak tanggal 4 Januari 2021 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Desa Toluwonua, Kecamatan Mowila, dengan jumlah peserta saat ini sebanyak 14 orang.” Ungkapnya.

Melalui prestasi dan penghargaan ini, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara (BKKBN Sultra) berkomitmen akan terus berupaya untuk meningkatkan peserta KB pria di berbagai daerah kabupaten kota di Sulawesi Tenggara, baik melalui sosialisasi maupun edukasi ke berbagai kalangan masyarakat.

Hingga saat ini, jumlah peserta KB pria di Sulawesi Tenggara sebanyak 236.332 orang yang terdiri dari Vasektomi 290 orang dan untuk kondom sebanyak 236.042 orang.

Berikut pemenang Lomba Kelompok KB Pria Tingkat Nasional Tahun 2024
Regional I;
Terbaik I: Jawa Tengah, Kabupaten Sukoharjo, Kelompok KB Pria Surya Kencana
Terbaik II: Jawa Timur, Kota Surabaya, Kelompok KB Pria Bubutan Bersinar
Terbaik III: Jawa Barat Kabupaten Bandung Barat, Kelompok KB Pria Sauyunan 01

Regional II;
Terbaik I: Lampung, Kabupaten Pringsewu, Kelompok KB Pria Bima Sakti
Terbaik II: Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang, Kelompok KB Pria Mandiri
Terbaik III: Sulawesi Selatan, Kabupaten Soppeng, Kelompok KB Pria Latemmamala

Regional III;
Terbaik I: Riau, Kota Dumai, Kelompok KB Pria Bahagia
Terbaik II: Sulawesi Tenggara, Kabupaten Konawe Selatan, Kelompok KB Pria Maju Lestari
Terbaik III: Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara, Kelompok KB Pria Sejahtera

Pewarta : Azis Senong/Andika
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024