Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto menilai pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi bagi jamaah Indonesia berlangsung lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurutnya pelaksanaan haji lebih baik karena pada tahun ini berlangsungnya puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Sejauh ini menurutnya tidak ada tragedi penelantaran dan penumpukan jamaah di Muzdalifah seperti tahun lalu.

"Puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina berjalan lancar. Jamaah bisa beribadah secara baik," kata Yandri dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Selain itu, dia menilai upaya mobilisasi oleh para petugas terhadap jamaah haji asal Indonesia dari Arafah ke Muzdalifah dan Mina berjalan lebih baik. Menurutnya data jamaah yang meninggal juga menurun di bandingkan tahun lalu.
 
Adapun Yandri pada Selasa (18/6), berkunjung langsung ke Arab Saudi untuk mengecek kondisi jamaah haji Indonesia serta meninjau sistem permondokan bagi para jamaah.

Sejauh ini, menurutnya para jamaah haji Indonesia mengaku senang dengan pelayanan yang ada berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ke beberapa lokasi permondokan jamaah.
 
Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR RI mengingatkan kepada panitia atau petugas ibadah haji tahun 2024 agar mengawal dan mengawasi setiap pergerakan jamaah haji dari Indonesia, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Menurutnya pengawasan khusus selama pergerakan jamaah dari Arafah ke Muzdalifah dan hingga ke Mina merupakan hal yang penting, karena dia berharap tragedi Muzdalifah yang terjadi tahun lalu tidak terulang kembali, serta guna mencegah jamaah tersesat atau salah jalur.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wakil Ketua MPR: Pelaksanaan haji 2024 lebih baik dibanding sebelumnya

Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024