Makassar (ANTARA) - Sebanyak 322 calon jamaah haji (CJH) Sulawesi Tenggara gabungan dari beberapa kabupaten di Sultra tiba di Asrama Haji Sudiang Kota Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu.

Para calon haji Sultra yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 35 UPG Makassar itu terdiri dari jamaah Kota Baubau (142 orang), Bombana (138), Buton Tengah (31),  Konawe (2) dan Kota Kendari (1) orang jamaah.

Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sultra Hj.Marni didampingi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Tenggara H.La Mpane membenarkan kedatangan calon jamaah haji gabungan dari masing-masing kabupaten di Sultra.

Di Asrama Haji Sudiang, kata La Mpane, calon haji
diterima petugas haji di Aula Arafah, untuk mendengarkan arahan petugas seputar layanan "one stop service" yang akan didapatkan oleh calon jamaah haji.

"Jadi layanan one stop service ini berupa layanan akomodasi,  pemasangan gelang, pemberian living cost, penyerahan pasport dan pelayanan kesehatan dalam satu rangkaian," ujar Hj.Marni.

Rencananya calon haji kloter 35 itu berangkat ke Jedah Arab Saudi pada Kamis (6/6) pukul 16.30 Wita dan tiba di Tanah Suci sekitar pukul 22.25 waktu setempat.

Salah satu calon haji asal Bombana, Kandamang mengatakan rasa syukur dan terima kasih kepada petugas haji mulai dari Bombana, petugas dari Kanwil Kemenag Sultra hingga petugas haji di Asrama Sudiang Makassar yang begitu ramah melayani calon jamaah. Calon haji tergabung dalam Kloter 35 UPG saat diterima petugas haji di Asrama Sudiang Kota Makassar. (Antara/Azis Senong)

"Terima kasih semua kami ucapkan buat seluruh petugas haji tahun ini," ujar Kandamang, yang mengaku mendapat panggilan haji ke Baitullah dengan menunggu kurang lebih 12 tahun.

Dalam layanan one stop service hadir Kakanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Djaka Kusmartata di dampingi petugas haji dari Kanwil Kemenag Sulsel dan petugas dari Dinas Kesehatan dan instansi lainnya.

Jamaah Haji Sultra tahun  2024 sebanyak 2.122 yang tergabung dalam lima kloter yakni 28 UPG, 29, 31, 33 dan kloter  35 UPG.
  Para calon jamah haji asal Sultra saat antri pemberian pasport dari petugas haji di Asrama Sudiang, Makassar, Rabu. (Antara/Azis Senong)

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024