Makassar (ANTARA) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan Muhammad Arafah memberikan apresiasi dengan lolosnya tiga desa wisata di provinsi itu masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Arafah di Makassar, Rabu, mengatakan tiga desa wisata yang menjadi wakil Sulsel di ADWI 2024 itu yakni Desa Wisata Mattabulu (Soppeng), Desa Wisata Balleanging (Kabupaten Pangkep), dan Desa Wisata Landorundun  (Kabupaten Toraja Utara).

"Alhamdulillah, kita berharap semoga bisa menjadi yang terbaik di sejumlah kategori," kata mantan Kepala Dinas Perhubungan Sulsel itu.

Sebelum masuk 50 besar, ketiga desa wisata dari Sulsel ini lebih dulu bersaing di 500 besar, kemudian lolos 300 besar, 100 besar hingga akhirnya terpilih masuk 50 besar.

Ketiga desa wisata Sulsel ini selanjutnya akan dinilai secara langsung oleh tim juri ADWI 2024 dan mendapatkan kunjungan dari Menparekraf Sandiaga Uno.

Tim juri ADWI akan menilai 50 desa termasuk tiga dari Sulsel untuk menentukan desa wisata yang memenangi lima kategori.

Adapun lima kategori penilaian yang diperebutkan 50 besar desa wisata terbaik ini untuk dimenangi yaitu daya tarik, amenitas, digital, kelembagaan dan resiliensi.

Arafah melihat ketiga desa wisata Sulsel memiliki potensi untuk bersaing dengan desa lainnya di Nusantara sekaligus mendapatkan peringkat terbaik dari tiap kategori yang diperlombakan.

Dirinya sekaligus mendorong desa-desa di Sulsel untuk lebih fokus dan berkomitmen agar bisa bersaing kembali pada pelaksanaan ADWI mendatang.
 

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024