Kendari (ANTARA) - Empat desa di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil masuk 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2024.

Empat desa wisata tersebut, yakni Desa Wisata Wasuemba di Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Desa Wisata Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Desa Wisata Gaya Baru atau Waburi Park, Kecamatan Lapandewa, Kabupaten Buton Selatan (Busel), dan Desa Wisata Limbo Bungi, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sultra Belli Harli Tombili saat dihubungi, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya sangat bersyukur atas empat desa wisata asal Sultra yang berhasil masuk Kategori 100 besar ADWI tahun 2024.

"Masih mau lanjut di 50 besar, kita tunggu pengumumannya, tapi Alhamdulillah tahun ini empat desa wisata asal Sultra masuk 100 besar ADWI," katanya. Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Harli Tombili. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)


Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya berharap  2024 ini setidaknya terdapat minimal dua desa wisata asal Bumi Anoa yang bisa masuk ke 50 besar ADWI, seperti capaian ADWI 2022 lalu.

Bahkan, Belli Harli Tombili berharap terdapat desa wisata asal Provinsi Sultra yang bisa masuk  juara di beberapa Kategori ADWI  2024.

"Mudah-mudahan bisa minimal menyamai capaian 2022 waktu itu dua desa wisata asal Sultra masuk di 50 besar, bahkan jadi juara di beberapa kategori," ujarnya.

Diketahui, empat desa wisata asal Sultra yang berhasil masuk 100 besar ADWI 2024 itu mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya:

1. Desa Wisata Wasuemba, mempunyai pesona benteng yang berdiri kokoh hingga saat ini. Di benteng tersebut juga masih tersimpan beberapa peninggalan sejarah, seperti meriam, kuburan penjaga benteng dan situs kuno lainnya.

2. Desa Wisata Labengki, mempunyai keindahan yang menyerupai Raja Ampat, bahkan disebut-sebut sebagai miniatur Raja Ampat. Selain itu, Desa Wisata Labengki juga mempunyai pesona yang sangat indah bagi para wisatawan pecinta snorkeling dan teluk cinta.

3. Desa Wisata Waburi Park, mempunyai pesona tersembunyi yang menyimpan destinasi wisata situs Cerug, yang di dalamnya terdapat tumpukan tengkorak manusia, gambar daun, dan stempel telapak tangan yang sampai saat ini masih terjaga keasliannya.

4. Desa Wisata Limbo Bungi, mempunyai pesona air terjun Kogawuna dengan memiliki tinggi air sekitar tujuh meter dan terdapat juga tujuh tingkat air terjun.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024