Kendari (ANTARA) - Asisten III Pemda Kota Baubau, La Ode Darussalam, mewakili Pemerintah Daerah Kota Baubau di dampingi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Baubau, Fanti Frida Yanti, menerima audiensi Duta GenRe Sultra dan Genre Kota Baubau.

Audiensi para duta GenRe diipimpin  Tim Kerja Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara, Agus Salim, di ruang Rapat Kantor Walikota Baubau, Kamis.

Audiensi dalam rangka persiapan mengikuti Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas (ADUJAK) Nasional 2024 di Bali, September mendatang.

Tegas Asisten III Darussalam menyatakan dukungannya atas keikutsertaan Duta GenRe Sultra di ajang ADUJAK 2024 di Bali.

Tidak kalah pentingnya Darussalam mengingatkan kegiatan Duta GenRe di daerah agar bisa lebih maksimal, terutama menggugah anak-anak sebayanya dari tingkat sekolah menengah pertama (SMP) hingga perguruan tinggi terkait kesehatan diri agar hidup berkualitas. 

"Kalian dan generasi remaja lainnya harus paham ya, apa itu kesehatan reproduksi. Tidak untuk dipraktikkan, tapi cukup dipahami, kasih tahu teman-teman kalian ya," pesannya. 

Terpenting lagi Darussalam ini meminta Duta GenRe agar meningkatkan wawasan, kapasitas diri dan pengetahuan melalui literasi. 

"Tentu kalian banyak-banyak membaca, tingkatkan literasi kalian ya," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Baubau, Fanti Frida Yanti juga menyampaikan bahwa Insan GenRe merupakan sebuah wadah bagi remaja dalam meningkatkan potensi dirinya melalui berbagai kegiatan yang menarik serta merupakan pusat layanan informasi dan konseling yang ramah remaja. Untuk itu terus semangat memberikan manfaat yang berharga bagi masyarakat.

"Duta GenRe juga turut berperan dalam menurunkan angka stunting yakni dengan mengkampanyekan stop pernikahan usia dini serta berperan memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi. Selain itu, juga menciptakan remaja yang bebas narkoba, seks bebas dan HIV/Aids," lanjut Fanti Frida Yanti 

Tim Kerja Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menjelaskan ajang ADUJAK 2024 di Bali, akan ada perwakilan Duta Genre dari Sultra berlomba ditingkat nasional. 

Event ADUJAK 2023 menurut dia, sangat penting untuk melihat aktivitas positif para remaja, terutama bisa menghindari triad KRR, yakni pernikahan dini, seks pra nikah dan Napza serta terorisme yang harus disebarluaskan di masyarakat. 

Turut hadir, Kepala bidang KS kota Baubau, Seksi Bina Ketahanan Remaja dan forum Genre Kota Baubau, tim Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara.

Pewarta : Azis Senong/Sahar
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024