Kendari (ANTARA) - Dinas Pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong maskapai Pelita Air dapat membuka rute penerbangan tidak hanya Jakarta-Kendari namun juga membuka rute penerbangan dari  kota-kota besar ke Kendari.

"Pemkab sangat berharap ada maskapai yang membuka penerbangan dari Denpasar ke Kendari, dan kota-kota lainnya karena melihat potensi wisata kita, itu adalah salah satu yang terbaik di Indonesia bahkan Wakatobi telah di tetapkan sebagai kawasan strategi pariwisata nasional ke 10 atau 10 destinasi wisata Bali baru," kata Kadis Pariwisata Sultra, Belli Harli Tombili di Kendari, Kamis.

Menurut Belli, dengan beroperasinya kembali Pelita Air dapat membuka rute penerbangan tidak hanya Jakarta-Kendari namun juga membuka rute penerbangan dari kota besar lain ke Kendari.

Dia juga berharap dengan kehadiran Pelita Air dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dari luar Sulawesi Tenggara maupun dari dalam Sultra menuju kota lain yang ada di Indonesia.

"Yang terpenting juga kita harapkan maskapai Pelita Air bisa terbang dengan nyaman dan aman itu yang paling penting,” ujarnya.

Belli juga berharap Pelita Air bisa menjadi pioner dengan merintis penerbangan antara kota  dan bandara yang ada di Sultra.

"Kalau kita bisa rintis penerbangan Kendari - Wakatobi, Kendari - Sugimanuru (Muna Barat), kemudian Bandara di Kolaka Utara juga jadi itu sangat baik buat kepariwisataan dan perkembangan perekonomian yang ada di Sultra," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024