Kendari (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulawesi tenggara (Sultra) memastikan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 Aceh – Sumatra Utara pada 8 hingga 21 September 2024 mendatang akan mengikutsertakan 28 cabang olahraga.

Sekretaris KONI Sultra Elvis Basri Uno, di Kendari, Jumat, mengatakan dari 28 cabang olahraga yang dipastikan lolos PON terbanyak yang meloloskan atletnya adalah olahraga terukur, untuk itu menjelang pelaksanaan PON tahun ini pihaknya terus melakukan berbagai persiapan meski terkendala dengan anggaran.

Menurut Elvi, dari 28 cabang olahraga yang 
mengikuti PON tersebut KONI Sultra membaginya dalam tiga kategori yakni kategori olahraga terukur, olahraga permainan dan olahraga bela diri.

"Namun demikian untuk persoalan anggaran ini dalam waktu dekat akan dapat diatasi sehingga kita dapat duduk bersama dengan cabor – cabor untuk nantinya bersama – sama mendiskusikan dan melakukan persiapan – persiapan dalam menghadapi PON mendatang," tutur Elvis Basri Uno.

Elvis mengatakan, 28 cabang olahraga yang dipastikan lolos PON mendatang adalah dayung, atletik, panahan, sepatu roda, balap motor, balap sepeda, binaraga, menembak, renang, selam dan Triatlon, sedangkan untuk cabang olahraga bela diri kempo, karate, gulat, wushu, tinju akido king boxing, taekwondo, selanjutnya softball, sepak takraw, gate ball, biliar, e-sport, bulu tangkis, golf dan squash.

"Kalau kita melihat progres PON sebelumnya, kita hanya dapat meloloskan cabang olahraga 14 Cabor dan PON Aceh – Sumut 2024 ini Cabor yang akan memperkuat Sultra mengalami kenaikan menjadi 28 cabor," ujarnya.

Sekretaris KONI Sultra juga mengatakan dengan adanya peningkatan keikutsertaan cabang olahraga pada PON mendatang ini menjadi barometer jika pembinaan olahraga di Sultra terus mengalami peningkatan.

"Kita berharap dengan mengikuti PON 2024 ini bisa meraih medali yang lebih baik lagi dari dua pelaksanaan PON sebelumnya," harapnya.

Elvis Basri Uno menambahkan pada PON 2024 ini terdapat beberapa cabang olahraga yang masih menjadi andalan Sultra untuk bisa memperoleh medali diantaranya cabang olahraga dayung, bela diri dan olahraga terukur lainnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024