Kendari (ANTARA) - Penjabat bupati bersama Sekretaris Daerah Kolaka Utara Sulawesi Tenggara melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor pemerintahan pelayanan publik di hari pertama pasca-libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Pj Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding di Kolaka Utara Selasa mengatakan bahwa sidak tersebut dilakukan di tempat-tempat strategis, seperti Rumah Sakit Djafar Harun, Puskesmas, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan Lasusua.

"Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa berbagai tempat pelayanan di Kolaka Utara berjalan dengan lancar dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Sukanto.

Pada kegiatan sidak tersebut, Sukanto menekankan pentingnya efisiensi dan kualitas pelayanan kepada publik.

Dengan melakukan sidak, pemerintah daerah berharap dapat mengidentifikasi potensi perbaikan yang diperlukan dalam sistem pelayanan yang ada.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Kolaka Utara mendapatkan pelayanan kesehatan dan administratif yang terbaik,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kolaka Utara Taupik menyampaikan bahwa pihaknya bersama-sama memantau berbagai perkantoran dan unit-unit pelayanan lainnya, termasuk dinas-dinas jajaran Kabupaten Kolaka Utara. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa semua unit pemerintahan beroperasi sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Tidak hanya fokus pada sektor pemerintahan, sidak juga melibatkan aspek pelayanan masyarakat lainnya. Kami juga melakukan pengecekan terhadap kualitas pelayanan di berbagai sektor seperti pendidikan, pertanian, dan pemberdayaan perempuan," kata Taupik.

Dia mengungkapkan pula bahwa langkah yang diambil melakukan sidak itu merupakan komitmen pemerintah dalam memastikan kesejahteraan dan kepuasan masyarakat Kolaka Utara secara menyeluruh.

Kegiatan sidak ini juga menjadi ajang bagi pemerintah daerah untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, dan mendengar langsung masukan serta keluhan yang mereka miliki terkait dengan pelayanan publik.

Hal ini memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat serta memungkinkan adanya perbaikan yang lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Kolaka Utara mendapatkan pelayanan kesehatan dan administratif yang terbaik, dan hari ini tidak ada OPD yang tidak memberikan pelayanan pada masyarakat,” katanya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024