Kendari (ANTARA) -
Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara melakukan pengecekan kesehatan secara gratis kepada para pemudik dan petugas di Pelabuhan Wawonii, Kota Kendari, Provinsi Sultra.
 
Kepala Biddokkes Polda Sultra Kombes Pol drg Ignatius Hendra Arifianto di Kendari, Senin, mengatakan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak melakukan perjalanan mudik dengan rute Kendari-Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan, Sultra.
 
"Kami dalam rangka Operasi Ketupat Anoa 2024 bekerja sama dengan pihak Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat dan juga kepada para personel," katanya.
 
Dia menyebutkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan atau deteksi dini penyakit dilakukan di tiap-tiap pelabuhan dan terminal yang menjadi tempat masyarakat mulai melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Kepala Biddokkes Polda Sultra Kombes Pol drg Ignatius Hendra Arifianto. (ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra)
 
"Di pelabuhan-pelabuhan, kemudian di terminal terminal kita memberikan pelayanan kesehatan kepada mereka," ujarnya.
 
Hendra menyampaikan beberapa tindakan dalam pemeriksaan kesehatan tersebut, antara lain pengobatan umum dan pemeriksaan laboratorium sederhana.
 
"Sehingga masyarakat yang menggunakan jasa, baik itu kapal maupun bis, terjamin kesehatannya demikian juga para sopir atau nakhoda kapal yang membawa masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya juga dalam keadaan sehat dan terjamin," kata dia.
 
Dia mengungkapkan apabila menemukan gejala atau tanda penyakit kepada pemudik atau personel yang bertugas, pihaknya langsung memberikan obat atau terapi kepada yang bersangkutan agar bisa kembali melakukan aktivitas.
 
"Kita kerja sama dengan Jasa Raharja kita berikan obat kita berikan terapi kepada mereka supaya mereka kembali lagi sehat," ujar dia.
 
Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan bagi para pemudik dan personel serta awak kapal tersebut akan terus dilakukan selama Operasi Ketupat Anoa 2024 atau hingga H+7 Lebaran 2024.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024