Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara menyatakan siap menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Ketua KPU Mubar La Tajudin, Kamis mengatakan launching tahapan dan hari pemungutan suara Pilkada telah dilakukan oleh KPU RI yang digelar pada Minggu 31 Maret 2024 di Candi Prambanan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Launching ini menandakan bahwa tahapan Pilkada telah dimulai dan pemungutan suara itu akan dilakukan pada Rabu, 27 November 2024," jelas La Tajudin di Laworo, Mubar, Selasa.

Kata Tajudin berkaitan dengan itu, pihaknya akan menyiapkan diri dalam rangka menyukseskan perhelatan Pilkada 2024 di Mubar.

"Beberapa hari yang lalu kita mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 yang di selenggarakan di Yogyakarta selama 3 hari yang sekaligus dirangkaikan peluncuran tahapan dan hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2024. Pada kesempatan tersebut kepada seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten agar segera melaksanakan peluncuran tahapan Pilkada. Pada tingkat kabupaten peluncurannya dilakukan setelah launching tahapan Pilgub oleh KPU Provinsi," terangnya.

Dalam upaya penyelenggaraan Pilkada tersebut pada pertengahan bulan ini akan dilakukan pembentukan badan ad hoc.

"Badan ad hoc yang dimaksud adalah pembentukan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) yang akan dilakukan pada 17 April mendatang," katanya.

Demi suksesnya Pilkada Mubar ini pihaknya berkomitmen menyelenggarakan semua tahapan Pilkada sesuai amanah PKPU Nomor 2 tahun 2024 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah 2024.

"Selain itu, KPU Mubar pada Mei 2024 akan melaksanakan tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dan juga tahapan tahapan yang lainnya," ujarnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024