Kendari (ANTARA) -

 

Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan koordinasi  dan sinkronisasi program kerja tahun 2024 dengan dinas di tingkat Kabupaten/Kota se Sultra.

Kepala Distanak Sultra Laode Muh. Rusdin Jaya, di Kendari, Senin, mengatakan saat ini pihaknya tengah gencar melakukan koordinasi dengan Dinas di tingkat Kabupaten/Kota se Sultra dalam hal perencanaan di bidang pertanian.

“Salah satu yang kami lakukan beberapa hari lalu ialah Musrenbangtan yang dihadiri oleh kepala dinas terkait dari 17 kabupaten/Kota yang didampingi para perencana masing – masing,” kata Rusdin Jaya.

Menurutnya, perlu adanya evaluasi yang dilakukan untuk melihat apa saja yang telah dilakukan di tahun 2023 lalu sekaligus membahas apa yang akan dilakukan untuk tahun ini serta tahun berikutnya yaitu 2025.

Ia menuturkan saat ini permasalahan di tingkat petani dan peternak begitu beragam sehingga perlu perencanaan yang matang guna mengsingkronkan  hal tersebut dengan anggaran di tahun 2024.

“Nantinya kita akan merencanakan secara matang mengenai tindakan apa yang bisa kita lakukan di tahun 2025 dalam sisi program dan sisi penganggaran agar bisa berkelanjutan,” katanya.

Ia menambahkan, tahun 2024 ini akan menjadi tahun evaluasi beberapa program yang belum masuk pada tahun sebelumnya serta akan diupayakan agar tahun 2025 program yang ada di tingkat Kementerian dan Provinsi bisa tersingkron dengan program Kabupaten.

“Semoga di tahun 2025 nanti aspirasi petani dan peternak di daerah yang belum tercover pada tahun ini bisa kita dorong pada tahun 2025,” tambahnya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024