Kendari (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Kendari, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) intensif melaksanakan patroli untuk mencegah aksi tawuran antar-pelajar dan balap liar di Kota Kendari, Provinsi Sultra.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polresta Kendari Kompol Asri Dyini saat ditemui di Kendari, Selasa, mengatakan patroli yang gencar dilakukan itu dilaksanakan di waktu malam dan subuh hari setelah sahur untuk mengantisipasi tawuran dan balap liar.

"Kita melaksanakan patroli malam dan patroli pagi untuk mencegah balap liar yang terjadi di wilayah hukum Polresta Kendari, malam kita laksanakan patroli, kemudian subuh setelah sahur kita patroli lagi, sekaligus untuk mengantisipasi balapan liar dan tawuran itu," kata Asri Dyini.

Dia menyebutkan bahwa selain patroli, pihaknya juga melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat serta sekolah-sekolah di wilayah hukum Polresta Kendari.
  Kabag Ops Polresta Kendari Kompol Asri Dyini. (Antara/La Ode Muh Deden Saputra)
Selain itu, pihaknya juga membuat poster imbauan yang ditujukan kepada masyarakat agar tidak melakukan aksi tawuran dan balapan liar.

"Dan di acara Jumat Curhat juga itu, Pak Kapolresta Kendari juga sudah memberikan penekanan mengenai hal itu," ujarnya.

Asri Dyini juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah hukum Polresta Kendari untuk segera melaporkan kepada polisi apabila menemukan remaja ataupun kelompok saat tengah malam.

"Kalau ada laporan masyarakat, kita langsung mendatangi TKP. Kalau ada yang ditangkap (melakukan tawuran atau balap liar), kalau itu anak di bawah umur kita serahkan ke Binmas untuk dilakukan pembinaan, mungkin dengan menghadirkan orang tuanya atau guru-gurunya mungkin, supaya diketahui oleh orang tuanya. Kemudian kalau ada motor-motor yang didapati menggunakan knalpot brong, kita sita dan kita suruh ganti dan menggunakan yang standar," beber Asri Dyini.

Dia menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk untuk memberikan tindakan yang sangat tegas kepada para remaja yang melakukan aksi tawuran dan balapan liar di wilayah hukum Polresta Kendari.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024