Kendari (ANTARA) - PT DSSP Power Kendari telah melakukan penanaman sebanyak 30 ribu bibit mangrove yang di sekitar area perusahaan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk mencegah abrasi.

CSR & External Relation PT DSSP Power Kendari, Risal Akbar dalam pernyataan di Kendari, Senin, mengatakan penanaman mangrove tersebut adalah upaya perusahaan untuk turut serta dalam mitigasi dampak perubahan iklim.

Hal itu sejalan dengan upaya pemerintah yang dipimpin oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penanaman mangrove melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) DSSP Green Project tersebut dilakukan melalui 2 tahap yakni penanaman 10.000 pohon mangrove di tahap pertama pada tahun 2021 dan 20.000 pohon mangrove di tahun 2023.

Langkah-langkah tersebut termasuk pengurangan emisi karbon serta pencegahan intrusi air laut dan abrasi.

"Program penanaman mangrove menjadi salah satu fokus kami karena pohon mangrove memiliki peran yang cukup besar dalam penyerapan CO2. Ditambah lagi pohon mangrove juga dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di daerah pantai. Oleh karena itu melalui program ini kami berharap dapat membantu pemerintah dalam upaya peningkatan ketahanan terhadap perubahan iklim," katanya.

Risal menjelaskan pohon mangrove yang ditanam tersebut merupakan pohon yang disemai oleh perusahaan dengan turut memberdayakan masyarakat lokal.

Pada tahun 2024 PT DSSP Power Kendari melanjutkan melakukan monitoring pertumbuhan pohon mangrove untuk mengetahui perkembangan pertumbuhan mangrove serta menghitung area yang telah berhasil ditutupi oleh pohon mangrove.

"Kami rutin melakukan monitoring agar dapat mengecek pertumbuhan pohon mangrove dan melakukan pemetaan wilayah yang telah tercover agar bisa memberi data yang akurat sehingga kami bisa memetakan Langkah-langkah selanjutnya agar keberlanjutan tersebut dapat terus terjaga," jelasnya.

Ia menambahkan selain 30.000 pohon Mangrove tersebut, perusahaan juga menyerahkan bibit-bibit mangrove ke sejumlah komunitas untuk ditanam dalam kegiatan-kegiatan yang terkait dengan lingkungan secara gratis.

Program DSSP Green merupakan program CSR di bidang lingkungan yang dilaksanakan PT DSSP Power Kendari sebagai sebagai upaya perusahaan dalam mendukung beberapa target Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu melalaui tindakan melawan dampak perubahan iklim (SDG 13) dan pengelolaan laut dan pesisir secara berkelanjutan (SDG 14).

PT DSSP Power Kendari merupakan perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berkapasitas 2X50 MW yang berlokasi di Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan yang menyuplai kebutuhan listrik di wilayah Sultra melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara-Sulawesi Bagian Selatan.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024