Kendari (ANTARA) -

Upaya untuk mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok dan barang penting, Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara menggelar pasar murah Ramdhan 1445 Hijriah.

Kegiatan pasar murah Ramadhan itu dilaksanakan di Pelataran Kantor Bupati Konawe Utara ini dihadiri langsung oleh Bupati Konawe Utara H. Ruksamin, Kamis.

Ruksamin mengatakan, kegiatan pasar murah selain menekan inflasi juga bermaksud agar masyarakat bisa mendapatkan harga  sembako di bawah harga eceran tertinggi (HET)  seperti beras, gula, terigu, telur, minyak, dan lain-lain.

"Jadi pasar murah yang dilaksanakan hari ini tidak hanya dikhususkan pada penanganan inflasi, tetapi juga untuk menjaga daya beli masyarakat, menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrim dengan maksimalkan program yang bersentuhan langsung kepada masyarakat," ujar Bupati Konut.

Pasar murah yang di gelar oleh Pemda Konawe Utara ini tidak berhenti sampai disini, yang mana kegiatan ini telah dijadwalkan untuk dilaksanakan di tiap kecamatan selama bulan Suci Ramadhan.

Selaku pimpinan tertinggi di Kabupaten Konawe Utara, H. Ruksamin turun langsung untuk membagikan sembako murah kepada masyarakat.

Usai kegiatan tersebut, Bupati Konawe Utara Ruksamin beserta jajarannya langsung bertolak ke ruang rapat kantor bupati untuk bersama – sama menetapkan besaran zakat fitrah Ramadhan 1445 H 2024.

Dalam rapat penetapan tersebut, Pemda Konawe Utara menetapkan zakat fitrah ada beberapa opsi yaitu beras super  Rp61.600/jiwa (3,5 kg) beras Ciliwung Rp52.500/jiwa dan beras dolog sebesar Rp33.250 per jiwa. Untuk warga yang mengonsumsi jagung, sagu, umbi-umbian yaitu sebesar Rp33.000.

Sementara untuk kecamatan dan desa tergantung wilayah dan harga beras diatur oleh masing-masing pemerintah desa dan kelurahan.

 


Pewarta : Azis Senong/Syarif
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024