Kendari (ANTARA) - Sebanyak 20 personil yang tergabung dalam Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL melaksanakan latihan bersama dengan penanggulangan kebakaran Austria Fire Brigade dengan materi latihan Helipad and Helicopter Crash Fire Fighters Training , dilaksanakan di Fire Brigade HQ UNIFIL Naqoura, Lebaon Selatan.

Fire Fighter Officer (FFO) Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL Letda Cpm Yudha Tambusai, Kamis, mengatakan bahwa fokus latihan yang dilaksanakan adalah untuk penangulangan kebakaran yang terjadi di helipad dan kebakaran akibat kecelakaan helikopter.

"Cuaca di Lebanon yang saat ini berada pada musim dingin dan ditambah lagi dengan Puasa Ramadhan  tidak menyurutkan semangat para Pasukan Garuda dalam melaksanakan latihan," kata Yudha Tambusai.

Dia menyebutkan bahwa latihan diawali dengan pembekalan teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan praktek di lapangan. Seluruh personel Garuda yang terlibat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan latihan tersebut.

Kegiatan latihan pun berlangsung dengan sangat baik dan penuh keakraban antara para Prajurit Garuda di bawah pimpinan langsung Kasi Intel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R/UNIFIL Kapten Inf Jimson Siahaan yang juga turut mengikuti jalannya pelatihan ini.

"Materi yang kami terima tentunya akan menunjang tugas pokok kami selama melaksanakan misi di Lebanon khususnya dalam penanganan dan penanggulangan kebakaran di Helipad dan kebakaran akibat kecelakaan Helikopter" ujarnya.

Kedepannya 20 personel Prajurit Garuda ini akan  melatih penanggulangan kebakaran di helipad dan kebakaran akibat kecelakaan Helikopter di kompinya masing-masing.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024