Kendari (ANTARA) - Sebanyak 426 calon jamaah haji Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), tahun 2024 atau 1445 Hijriah menjalani manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari.

Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya, di Kendari, Rabu, mengatakan, bimbingan manasik haji yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Kautsar, Kendari, sebelumnya telah juga mengikuti manasik mandiri sebanyak 12 kali pertemuan serta dua kali yang dilaksanakan Baznas Kota Kendari.

"Jadi kuota calon haji asal Kota Kendari tahun ini berjumlah 426 orang atau 20,10 persen dari keseluruhan calon haji Provinsi Sultra yang berjumlah 2.116 orang,” katanya. 

Ia mengatakan manasik haji tingkat Kota Kendari akan dilaksanakan sebanyak sepuluh kali sesuai dengan petunjuk teknis yang ada.

"Rinciannya ada dua kali manasik massal yang akan digelar oleh Kemenag Kota Kendari yaitu pertama pada hari ini, kemudian untuk yang kedua pada 20 April yang akan datang setelah Idul Idul Fitri,” katanya.

Untuk delapan kali penyelenggaraan manasik lainnya, lanjut dia, akan dilakukan untuk tingkat kelompok pada masing-masing kecamatan. Selain itu untuk pemantapan regu dan rombongan akan dilaksanakan pada  5 Mei 2024.

Ia menambahkan dari total 426 calon haji Kota Kendari terbagi lagi menjadi dua yaitu jamaah laki-laki sebanyak 146 orang dan jamaah perempuan 282 orang.

Untuk pemberangkatan calon haji Kota Kendari 1445 Hijriah/2024 ini, lanjutnya, jamaah tertua yang berasal dari Kota Kendari Bernama Indo Rahma berusia 98 tahun sedangkan untuk jamaah termuda atas nama Suryani 20 tahun. 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024