Kendari (ANTARA) - Dinas Pertanian Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan pada tahun 2024 akan menyediakan 20 ton benih padi untuk petani di wilayah itu.

"Benih padi sawah yang kita siapkan untuk petani tahun ini 20 ton. Sumber dananya dari APBD sebesar Rp400 juta," Kata Kepala Dinas Pertanian Muna Barat, Nestor Jono di Laworo, Mubar, Selasa.

Menurutnya, jenis benih padi yang akan diberikan kepada petani adalah label putih.

"Label putih ini ialah masuk klasifikasi benih kualitas yang baik. Dan sesuai rencana benih itu akan dibagikan pada musim tanam April-September 2024. Nanti pembagiannya melalui kelompok tani," ujarnya.

Dia mengatakan benih padi puluhan ton tersebut akan ditanam di atas lahan seluas 500 hektare. Adapun lahan yang akan digunakan tersebar pada tujuh titik.

"Tujuh titik itu ada di Desa Lawada, Desa Kasimpa Jaya, Desa Parura Jaya, Desa Abadi Jaya, Desa Sido Makmur, Desa Lakabu, dan Desa Wulanga Jaya," bebernya.

Sebelumnya Dinas Pertanian Muna Barat juga menyatakan akan membagikan 24 ton benih jagung kuning kepada petani. 24 ton benih itu akan ditanam di atas lahan seluas dua ribu hektare.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024