Kendari (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyebutkan sepanjang tahun 2023 jumlah pelaku usaha yang sudah memiliki nomor induk berusaha (NIB) mencapai 1.293.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan, DPMPTSP Mubar Amiruddin, Jumat, mengatakan data yang dihimpun hingga saat ini baru sebanyak itu. Dan ini capaian selama tahun 2023 lalu.

"Jumlah yang terdata sejauh ini sudah 1.293 pelaku usaha yang telah mempunyai NIB. Dan ini juga sudah terdaftar di Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal," terang Amiruddin.

Kata dia, ribuan pelaku usaha tersebut dalam mengurus NIB-nya ada yang secara mandiri, ada yang melalui perbantuan dan dilakukan di rumah masing - masing  melalui program Sapa Kampung.

"Dan semua yang mendapatkan NIB ini tak ada yang dipungut biaya. Seluruhnya gratis," ungkapnya.

Amiruddin bilang pelaku usaha yang sudah memiliki NIB ketika mengambil kredit di bank tak menemui kesulitan lagi.

"Manfaatnya kalau mau ambil kredit usaha rakyat (KUR) di bank sudah bisa dilayani. Kemudian usahanya juga sudah legal," ujarnya.

Ia menjelaskan hingga kini masih banyak pelaku usaha yang belum mengantongi NIB. Oleh sebab itu, persoalan tersebut akan menjadi bagian program DPMPTSP Mubar di masa yang akan datang.

"Yang belum punya NIB tahun ini kita data lagi. Pendataannya itu setelah ada launching yang dilakukan oleh bapak Pj. Bupati Mubar La Ode Butolo. Kita rencanakan launchingnya itu bulan Maret 2024 ini," tutupnya.


Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024