Kendari (ANTARA) - Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memperpanjang pendaftaran program Pemagangan Dalam Negeri (PDN) tahun 2024.

"Kalau pendaftaran awal pemagangan di bukan sejak 20 Februari hingga berakhir 29 Februari, namun karena masih ada beberapa perusahaan yang masih minus pesertanya, maka kita buka kesempatan kembali selama lima hari mulai tanggal 1-5 Maret," ujar Penanggung jawab kegiatan pemagangan yang juga Analis Kebijakan Muda Bidang Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Sultra Arman Jaya Saboli, di Kendari, Kamis.

Untuk diketahui, rekrutmen Pemagangan Dalam Negeri tahun 2024 kuotanya sebanyak 183 orang dengan jumlah perusahaan yang akan bermitra sebanyak 20 perusahaan atau alami peningkatan di banding tahun sebelumnya yang berjumlah 170-an orang.

"Alhamdulillah, dengan kepercayaan dari Kementerian Tenaga Kerja RI, Sultra mendapat tambahan kuota. Dan ini patut kita apresiasi atas kerja-kerja teman-teman semua baik di Dinas Nakertrans maupun rekan-rekan dalam Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Sultra," ujar Kabid Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja mewakili Kadis Nakertrans, Haeril Anwar di damping Ketua FKJP Mahaseng Mustafa dan beberapa anggota FKJP lainnya.

Untuk itu, kata Haeril, bagi perusahaan yang menjadi sasaran pemagangan tahun ini tentu dapat berbangga karena mendapat kepercayaan sekaligus sebagai mitra pemerintah Sultra yang telah membuka kesempatan bagi para pencari kerja di Kota Kendari dan kabupaten lain di Sultra.

Dikatakan, dari 20 perusahaan yang menjadi sasaran pemagangan dalam negeri tahun ini empat perusahaan di Kabupaten Kolaka, dua perusahaan di Kabupaten Bombana dan sisanya perusahaan di Kota Kendari.

Ia mengatakan bagi setiap calon pemagangan sesegera mungkin bisa langsung mendaftar ke link yang telah disediakan atau berhubungan ke sekretariat kantor Disnakertrans Provinsi Sultra. Kadis Nakertrans Sultra LM Ali Haswandy. (Foto Antara/Azis Senong)
Arman menambahkan, 20 perusahaan yang akan menerima peserta magang diantaranya, PT Buton Smart Englis Course Bombana dan PT. Jhonlin Batu Mandiri (JBM) Bombana, PT SJS Kolaka, Hotel Plaza Kubra (Kendari), KSPPS Muharjam Kolaka, CV Cipta Aneka Sarana Maxel Kolaka, CV Laika Media Group, PT.Reski Laifasto.

Kemudian PT Media Kita Sejahtera, Hotel Sutan Raja Kolaka, Hotel Plaza IN Kendari, CV Anugra Bhakti Sentosa, CV Cahaya Mario Sarana Teknik, Penjahit Haryaditia, Hotel Kuba 9 Kendari, Salon Prima, Maxel depo Teknik dan Bangunan Kendari, Salon Bunga Lestari, Rumah Sakit Aliyah III Kendari.

Sebelumnya, Kadis Nakertrans Sultra LM Ali Haswandy, juga membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktivitas di bawah naungan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sultra.

Terkhusus masalah rekrutmen Pemagangan Dalam Negeri, Ali Haswandy berharap acara pembukaan yang diperkirakan dilaksanakan pada awal Ramadhan 1445 Hijriah itu akan dibuka langsung Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024