Kendari (ANTARA) - Yayasan Raudhatul Jannah (RJ) Kendar, Sulawesi Tenggarai melakukan bazar amal peduli palestina sekaligus membantu pemasaran produk UMKM yang berlangsung sejak 19 – 25 Februari di Kota Kendari.

Ketua panitia kegiatan Fitrah, di Kendari, Sabtu, mengatakan kurang lebih ada 41 lapak terisi oleh pegiat UMKM se Kota Kendari dalam bazar amal ini.

“Jadi pelibatan UMKM dalam kegiatan ini juga bertujuan agar produk mereka bisa diketahui oleh masyarakat sekaligus Sebagian keuntungan dari hasil penjualan mereka akan di donasikan ke warga Palestina,” kata Fitrah.

Berbeda dengan produk UMKM yang hanya di donasikan sebagian dari keuntungan penjualan, khusus untuk pakaian bekas layak pakai semua hasil penjualannya akan di donasikan penuh untuk warga Palestina.

Ia menuturkan pada bazar amal yang melibatkan UMKM ini menjual beberapa jenis produk di antaranya makanan, minuman, sembako, obat – obatan, buku – buku serta barang bekas yang layak pakai.

Menurutnya, tujuan lain bazar amal peduli Palestina ini untuk mengajak masyarakat Sulawesi tenggara pada umumnya dan warga Kendari pada khususnya untuk peduli terhadap penderitaan korban Genosida di Palestina.

Selain itu, bagi masyarakat Kendari yang mau berdonasi tanpa berbelanja juga bisa menyisihkan donasinya secara langsung di lokasi bazar ataupun melakukan transfer ke rekening yang telah di sediakan panitia.

“Nantinya semua hasil donasi akan dikumpulkan menjadi satu dan akan disalurkan melalui relawan International Networking Humanitarian (INH) yang pernah tinggal di Gaza untuk menyalurkan secara langsung,” katanya.

Ia menambahkan, sampai hari ke enam pelaksanaan bazar telah terkumpul senilai Rp100 juta hasil donasi dan diharapkan masih akan terus bertambah.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024