Kendari (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Selatan (Sulsel), mengapresiasi berbagai produk souvenir binaan UMKM Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk.

Ketua Apindo Sulsel Suhardi, dalam pernyataan resmi yang diterima, Jumat, menyampaikan terima kasih kepada PT Vale karena melalui program Pemberdayaan Masyarakat yang mendukung pelaku UMKM untuk bisa berkembang, dengan mengisi booth di Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Apindo.

"Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk perusahaan BUMN dan swasta, khususnya PT Vale," ujar ketua Apindo Sulsel itu.

Sejumlah produk UMKM binaan seperti souvenir, baju, thumbler hingga pangan olahan, hadir di etalase Sentra UMKM dan pusat oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Opu Daeng Risadju (Eks Jalan Cenderawasih, Dekat Stadion Mattoanging) Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejak soft opening pada 16 Februari 2024 lalu, Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Apindo Sulsel ini terus membuka kesempatan kepada pelaku UMKM untuk menghadirkan produk-produk berkualitasnya. Selain toko oleh-oleh, pengelola juga membuka Kafe Biz Coffee, menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong.

Menurut Suhardi, PT Vale menjadi salah satu perusahaan swasta yang memberi sumbangsih untuk lokasi perbelanjaan produk-produk UMKM tersebut.

"Sebagian produk UMKM binaan PT Vale sudah masuk, dan banyak diminati, pengunjung," ucap Suhardi lagi.

Beberapa produk UMKM binaan Vale bisa menjadi oleh-oleh seperti lada hitam  khas Luwu, Sarabba Kemasan, Kopi, Krispi Pangkilang, aneka camilan, hingga tas anyaman, gantungan kunci dan baju kaos.

Ia juga menyampaikan harapan, PT Vale bisa memotivasi perusahaan-perusahaan swasta yang lain untuk ikut berpartisipasi menghadirkan produk-produk UMKM binaannya.

"Sentra UMKM Apindo ini kita targetkan menjadi pusat oleh-oleh terbesar di Makassar dengan harga terjangkau," ujarnya.

Sementara itu, Director External Relations PT Vale, Endra Kusuma mengatakan, PT Vale mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui penguatan produk lokal dan pelaku UMKM agar dapat terus berkembang. Hadirnya etalase ini tentunya dapat membantu pemasaran produk UMKM, sehingga semakin mudah dijangkau.

"Hadirnya PT Vale mendukung pengembangan UMKM sejalan dengan purpose perseroan, yakni menjadi referensi dalam menyiptakan nilai manfaat bersama dan mendukung pembangunan berkelanjutan," tuturnya.


Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024