Kendari (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Tes Potensi Akademik (TPA) Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2024.

Peserta kegiatan tersebut diikuti kalangan remaja berkisar 16 sampai 22 tahun dengan mengikuti tes yang diadakan di Aula BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Asmar mengatakan ada 108 remaja putra dan putri yang ikut mendaftar tes sejak dibuka Januari lalu.

"TPA pemilihan duta Genre ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kualitas serta menyiapkan masa depan generasi muda Indonesia khususnya di Sulawesi Tenggara," katanya

Menurut Asmar, bakat-bakat tersebut tentunya berguna bagi mereka dalam membaur dan merangkul teman sebayanya.
  Para peserta finalis Duta GenRe 2024 (Antara Sultra/ HO-Humas BKKBN)
Dalam kesempatan itu, Asmar berharap, semua Duta GenRe bisa menjadi remaja yang mendedikasikan waktu dan upayanya, di sela-sela masa mudanya untuk memainkan peran sebagai garda utama sebagai sumber informasi dan tempat bercerita bagi teman sebayanya.

“Sebagaimana yang kita tahu bahwa teman sebaya menjadi tempat paling banyak dipilih remaja sebagai sumber informasi, tempat curhat dan diskusi,” katanya

Ketua Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting (KKPS) BKKBN Sultra, Agus Salim mengatakan Duta GenRe harus bisa terus terlibat dalam mensosialisasikan segala hal penting dalam edukasi kesehatan reproduksi remaja.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung Duta GenRe dalam membuat perubahan dengan menyebarluaskan informasi tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Putra-putri terbaik inilah yang akan menjadikan Sulawesi Tenggara lebih maju dan berdaya saing tinggi,” ujar Agus

Pewarta : M Sharif Santiago
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024