KENDARI (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Konawe, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan pengasapan atau fogging di perumahan warga untuk mencegah penularan penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti.

Kepala Seksi (Kasi) Dokkes Polres Konawe Aipda Syafruddin,  di Konawe, Kamis, mengatakan bahwa pengasapan atau fogging itu merupakan salah satu langkah dari kepolisian dalam memberantas atau mencegah penyakit DBD, untuk membunuh nyamuk penyebab DBD.

"Dalam pencegahan tersebut Klinik Endra Dharmalaksana Polres Konawe kembali melaksanakan fogging di Mako Polres Konawe dan perumahan Dinas Sosial Kabupaten Konawe serta menyasar beberapa rumah warga," kata Aipda Syafruddin.

Ia menyebutkan bahwa pengasapan di rumah Dinas Sosial itu karena rumah tersebut digunakan sebagai tempat penginapan para personel Sat Brimob Polda Sultra yang melakukan pengawasan tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Konawe.

“ Sebelum pengasapan itu diawali dengan pemberian bubuk abate ke bak penampungan air untuk membunuh nyamuk dan jentik nyamuk penyebab DBD, lalu kemudian kita melakukan penyemprotan fogging,” ujarnya.

Aipda Syarifuddin juga menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya fogging itu adalah salah satu cara pencegahan DBD secara masal dengan menyemprotkan obat nyamuk yang mampu menjangkau area lebih luas di perumahan..

"Dalam mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue, Polres Konawe juga telah memberikan pemahaman atau sosialisasi baik kepada personel Polri, maupun kepada masyarakat umum termasuk pemberian obat-obatan serta melakukan pengawasan," jelas Aipda Syarifuddin.

Selain  fogging, tambah Aipda Syarifuddin, pihaknya juga melakukan penyuluhan kesehatan secara umum kepada masyarakat di Kabupaten Konawe, Provinsi Sultra yang dilakukan oleh Klinik Endra Dharmalaksana Polres Konawe.

"Itu juga merupakan kegiatan rutin dari Polres Konawe," tambahnya.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024