Kendari (ANTARA) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) melakukan panen raya komoditi cabai di Desa Wunduwatu, Kecamatan Andoolo, Selasa.

Panen cabai tersebut dipimpin Bupati Konsel Surunuddin Dangga, didampingi Sekda Hj St Chadidjah, Kepala DTPHP Yesna Suarni, sejumlah kepala OPD, Penyuluh Pertanian dan kelompok tani setempat.

Bupati Konsel Surunuddin menyampaikan selamat ke para penyuluh pertanian dan kelompok tani yang telah berhasil memetik buah dari hasil yang ditabur selama beberapa bulan yang lalu.

"Kehadiran pemerintah saat ini, tak lain adalah memberikan dukungan serta memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin bertani," kata Surunuddin.

Oleh sebab itu, Surunuddin mengatakan pemerintah baik tingkat desa, kecamatan, maupun di kabupaten akan terus mendorong masyarakat memanfaatkan lahan yang ada agar produktif.

"Selaku pemerintah dan pribadi merasa bangga dengan petani kita yang terus-menerus berbuat. Ini wujud aksi nyata dan menjadi motivasi bagi desa lainnya untuk mendorong potensi daerah masing masing. Panen raya ini tak lain untuk memotivasi petani lainnya bahwa pemerintah hadir," kata Bupati Konsel dua periode itu.

Dirinya juga mengapresiasi pelaksanaan panen raya komoditi cabai merah tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut merupakan salah satu lompatan untuk menjaga inflasi di Kabupaten Konawe Selatan.

Di samping itu, Surunuddin berharap ke Dinas Pertanian, untuk mengklasifikasikan potensi pertanian di masing-masing kecamatan di Konawe selatan. Hal itu untuk melihat sekaligus belajar dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya hortikultura.

"Sebagai bentuk dukungan pemerintah, saya minta dinas terkait agar menganggarkan bantuan kepada para kelompok tani yang ingin maju. Dengan harapan upaya itu dapat membawa perubahan bagi bangkitnya pertanian di Konsel," harapnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024