Kendari (ANTARA) -

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mulai melakukan distribusi logistik Pemilu pada lima hingga satu hari menjelang pemungutan suara.

Ketua KPU Sultra Asril, di Kendari, Rabu, mengatakan persiapan logistik saat ini sudah mencapai persentase 97 persen dan hari ini ditargetkan akan rampung 100 persen untuk persiapan sortir dan pengemasan kemudian selanjutnya akan dilakukan pendistribusian.

“Sesuai rapat daring terakhir kami dengan pihak KPU Kabupaten/Kota se Sultra ada beberapa permintaan tanggal pendistribusian misal untuk  daerah 3 T meminta H-5 dan H-4 sedangkan untuk daerah di ibukota Kabupaten seperti Kota bau – Bau dan Kota Kendari meminta H-2 dan H-1 pemungutan suara,” kata Asril.

Ia mengatakan sebagai langkah preventif menghindari terjadinya kerusakan logistik Pemilu pihaknya telah menekankan kepada seluruh petugas yang melakukan pengemasan agar surat suara yang masuk dalam sampul kemudian diberikan kantung putih sebelum dimasukkan ke dalam kotak.

“Sedangkan untuk kotak suara sendiri selanjutnya akan kembali dilapisi dengan kantung plastik hitam agar logistik ini benar – benar terjaga keamanannya,” ujar Asril.

Ia menambahkan pihaknya  berkoordinasi dengan Bawaslu memastikan betul kesiapan surat suara berserta logistik yang lain bahwa tidak terjadi masalah sebelum didistribusikan, sebab salah satu alasan terjadinya pemungutan suara ulang (PSU) adalah terjadinya lebih dari satu surat suara yang rusak atau sengaja dirusak.

“Jadi pada saat pendistribusian nanti betul – betul surat suara ini sudah dipastikan tidak ada masalah dan kami akan mempedomani keputusan KPU RI termasuk buku pedoman yang diberikan kepada kami dalam hal ini teman – teman di Kabupaten/Kota untuk memastikan kondisi surat suara tersebut,” tambahnya.


Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024