Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengungkapkan sebanyak 32 tempat pemungutan suara (TPS) dari 254 TPS akan menjadi prioritas pendistribusian logistik Pemilu 2024.

"Jumlah TPS di wilayah kepulauan itu ada 32 TPS yang tersebar di tiga kecamatan. Kecamatan Maginti 16 TPS, Kecamatan Tiworo Kepulauan ada 3 TPS dan Kecamatan Tiworo Utara sebanyak 13 TPS. Itu yang kami distribusikan lebih awal," kata Ketua KPU Muna Barat La Tajudin di Laworo, Mubar, Selasa.

Menurutnya, sebelum melakukan pendistribusian logistik, pihaknya akan menggelar rapat koordinasi dengan Pemda Mubar dan stakeholder.

Lanjut Tajudin, pada rapat itu akan membicarakan jadwal pendistribusian dan pemetaan kendala yang akan terjadi di lapangan pada saat pendistribusian.

"Rapat koordinasi dengan Pemda Mubar itu kami agendakan pada tanggal 8 Februari 2024. Kami juga akan mengundang pemerintah kecamatan dan pihak TNI - Polri," paparnya.

Ia menegaskan soal kepastian waktu distribusi logistik baru akan ditentukan setelah digelar rapat koordinasi dengan Pemda dan stakeholder.

"Tapi pada prinsipnya bahwa logistik itu sudah tiba sehari sebelum hari pemungutan suara di TPS," ujarnya.

Tajudin menuturkan semua logistik pemilu di Mubar ini sudah siap untuk distribusikan ke seluruh TPS.

"Semua kebutuhan dan perlengkapan yang akan didistribusikan itu sudah selesai," ucapnya.

Kabupaten Mubar dalam Pemilu 2024 ini memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sejumlah 60.288 orang. Sedangkan untuk total TPS sebanyak 254 unit yang tersebar di sebelas kecamatan dan 86 desa/kelurahan.

Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024