Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyelesaikan 3.215 kotak logistik untuk didistribusikan ke enam daerah pemilihan (Dapil) di Muna.

Ketua KPU Muna, La Ode Muhamad Askar Adi Jaya, dari Muna, Selasa, mengatakan, logistik Pemilu 2024 yang sudah dikemas itu akan mulai didistribusikan pada tanggal 10-13 Februari 2024.

"Memang, ada beberapa logistik pemilu itu akan didahulukan pendistribusiannya karena dia berada pada wilayah kepulauan dan terjauh dari ibukota, sehingga tim akan mengutamakan lebih awal untuk melakukan distribusi," ujar Askar.

Ia mengatakan, proses kemas logistik yang dimulai tanggal 25 Januari hingga 5 Februari dinyatakan sudah tuntas dan tinggal didistribusikan ke seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 22 kecamatan se kabupaten Muna.

"Yang pasti bahwa proses distribusi nanti, tetap akan berkoordinasi dengan aparat Polres Muna terkait pengawalan distribusi logistik," tegasnya.

Mengenai adanya distribusi logistik yang akan didahulukan dengan pertimbangan wilayahnya berada di wilayah kepulauan, Askar Adi menyebut ada enam wilayah kecamatan yang menjadi titik utama.

Wilayah kepulauan dimaksud adalah Kecamatan Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan, Pasir Putih dan Kecamatan Pasikolaga. Kemudian daerah terjauh lainnya yaitu Kecamatan Marobo dan Kecamatan Towea.

"Jadi sesuai rencana, distribusi logistik pemilu pada daerah pulau dan terjauh ini mulai dilakukan tanggal 11 Februari 2024," tuturnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024