Kendari (ANTARA) - Penjabat Bupati Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Butolo mengemukakan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2024 yang aman dari risiko bencana.

Menurutnya, koordinasi dengan KPU sangat penting, mengingat saat ini rawan terjadi bencana hidrometeorologi.

"Koordinasi dengan KPU Mubar itu dalam konteks membahas proses perencanaan dan pelaksanaan strategi penanganan bencana," ujar La Ode Butolo di Laworo, Mubar, Jumat.

Butolo mengatakan upaya tersebut diharapkan dapat memastikan bahwa Pemilu di daerah ini tidak hanya berjalan lancar, tetapi juga aman dari risiko bencana.

"Kita berupaya Pemilu di Mubar berjalan sukses, termasuk aman dari bencana," imbuhnya.

Ia mengatakan pelaksanaan Pemilu yang lancar, aman dari risiko bencana merupakan arahan dari Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

"Pak gubernur melalui konferensi video menyampaikan soal kesiapan kita untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi dan potensi bencana lainnya dalam 13 hari menuju pesta demokrasi 2024, dan 334 hari dinamika menuju akhir tahun 2024," ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, Pj Gubernur Sultra menyampaikan bahwa dalam penanganan bencana supaya menerapkan konsep pentahelix.

"Insya Allah arahan pak gubernur itu segera kita tindaklanjuti," tuturnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024