Kendari (ANTARA) - Penjabat (Pj) Walikota Kendari, Sulawesi Tenggara, Muhammad Yusup memberikan apresiasi kepada para petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan (DLHK) Kota Kendari sebagai pahlawan garda terdepan dalam menghadapi masalah sampah di Kota Lulo.

Muhammad Yusup, di Kendari, Rabu, mengatakan tanpa adanya kesigapan dan komitmen tinggi dari para petugas kebersihan maka kota Kendari yang kita cintai ini akan terlihat kumuh dan tidak sehat.

“Kita lihat saja kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu sekarang hanya berselang beberapa hari saja tumpukan sampahnya menjadi banyak sekali,” kata Muhammad Yusup.

Sebagai apresiasi yang setinggi – tingginya bagi para petugas kebersihan ia mengaku akan terus berusaha memperhatikan kesejahteraan para pejuang kebersihan yang ada di Kota Kendari.

“Agar seimbang dengan tugas yang diemban maka perlu juga untuk diperhatikan kesejahteraan bagi para petugas ini agar Kota Kendari ke depannya semakin bersih serta para petugas juga akan sejahtera,” ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Pelaksana BPBD Sultra itu juga mengatakan sebagai pendukung menjalankan tugas para petugas kebersihan perlu juga dilakukan peningkatan sarana dan prasarana agar pekerjaan yang dilakukan bisa lebih maksimal.

“Salah satu langkah yang akan dilakukan adalah akan menjadikan TPA Puuwatu tidak hanya sebagai tempat pembuangan semata melainkan sekaligus menjadi tempat  pengolahan sampah terpadu,” katanya.

Ia berharap kepada para petugas kebersihan untuk selalu bersemangat bekerja dalam menjalankan tugas yang mulia ini, sebab tanpa adanya mereka Kota Kendari tidak akan serapih dan sebersih sekarang.

Pewarta : Azis Senong/Andry Denisah
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024