Kendari (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) mengingatkan seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) agar mengawal semua proses perhitungan dan pemungutan suara  Pemilu 2024.

"Kami sudah sampaikan ke PTPS untuk benar - benar mengawal proses  proses perhitungan dan pemungutan suara mulai dari pendistribusian C pemberitahuan dengan memastikan bahwa C pemberitahuan itu disampaikan kepada orang yang tepat atau keluarganya. Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pembuatan TPS dan prosedur pemungutan dan penghitungan suara," ujar Ketua Bawaslu Muna Barat, Awaludin Usa, di Laworo, Mubar, Rabu.

Menurut Awaludin penegasan ini dilakukan mengingat peran PTPS bersentuhan langsung dengan aktivitas  perhitungan dan pemungutan di TPS. 

Selain itu tambah Awaludin, para PTPS juga harus  memiliki  mentalitas yang bagus ketika menjalankan tugas. 

"Para PTPS ini kita sudah sampaikan agar punya mentalitas yang bagus, netral dan punya mental untuk melakukan koreksi ketika proses pemungutan dan penghitungan suara berlangsung. Di TPS tidak menutup kemungkinan terdapat kelalaian, kesalahan yang dilakukan oleh petugas, sehingga PTPS hadir untuk mengingatkan dan meluruskan itu," tegasnya. 

Kata dia, dalam menjalankan tugasnya nanti 254 PTPS ini sudah dibekali dengan pengetahuan mengenai proses perhitungan dan pemungutan suara. 

"Untuk  meningkatkan pemahaman PTPS kita sudah melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) dan akan kami susul lagi melaksanakan Bimtek yang kedua kalinya," katanya.

Sekadar diketahui 254 PTPS di Mubar telah dilantik pada 22 Januari lalu secara serentak. Pelantikan PTPS itu dilakukan oleh masing - masing  panitia pengawas kecamatan (Panwascam).


Pewarta : Azis Senong/La Ode Biku
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024