Kendari (ANTARA) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bokori menyebutkan sekitar tiga ribu wisatawan berkunjung ke  Pulau Bokori, kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, sepanjang liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala UPTD Bokori Zubairin saat dihubungi, Senin, mengatakan bahwa kunjungan wisatawan di kawasan wisata tersebut mulai meningkat menjelang libur perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Mulai dari 19 Desember 2023 itu sudah mulai meningkat kunjungannya, tapi tidak terlalu signifikan," kata Zubairin.

Peningkatan yang sangat signifikan, lanjut Zubairin, terjadi mulai 31 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 hari ini dengan total kunjungan sekitar dua ribuan pengunjung yang melakukan wisata di Pulau Bokori.

"Untuk hari ini (kunjungan wisata di Pulau Bokori) sekitar 1.000 lebih orang yang mendatangi Pulau Bokori," sebutnya.

Zubairin menjelaskan bahwa hitungan tersebut berdasarkan dengan jumlah karcis retribusi yang terjual oleh para wisatawan.

Adapun untuk sepanjang tahun 2023 hingga 1 Januari 2024, Zubairin menuturkan bahwa kunjungan para wisatawan di Pulau Bokori mencapai sebanyak 22 ribu kunjungan.

"1 Januari sampai 19 Desember 2023 itu sekitar 19 ribu, kemudian selebihnya itu sampai saat ini ada sekitar tiga ribuan kunjungan," jelasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa dalam rangka persiapan kunjungan wisatawan Tahun Baru 2024, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh jasa pengangkutan (kapal) penyeberangan ke Pulau Bokori, agar seluruh penumpang menggunakan life jaket.

"Dan juga kami minta ke seluruh kapal agar maksimal penumpang yang dibawa itu sebanyak 20 orang. Kalau tidak menaati imbauan itu, maka kami tidak akan mengizinkan mereka untuk berkunjung ke Pulau Bokori ini," ucap Zubairin.


Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024