Kendari (ANTARA) - Detasemen Gegana Satuan Brigade Mobil (Brimob) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mensterilkan gereja di wilayah Kota Kendari, Provinsi Sultra, menjelang perayaan Natal T2023.

Perwira Administrasi (Pamin) Subden I Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Sultra Ipda I Nyoman Alit Trinada Artha di sela kegiatan sterilisasi gereja di Kendari, Minggu, mengatakan bahwa sterilisasi gereja tersebut dilakukan untuk persiapan gelaran ibadah Natal yang akan dilaksanakan malam ini.

"Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang hendak melaksanakan ibadah Natal 2023, sehingga mereka bisa fokus beribadah tanpa memikirkan gangguan yang terjadi di gereja," kata Alit.

Dia menjelaskan dalam proses sterilisasi tersebut, pihaknya menggunakan beberapa alat untuk mendeteksi gangguan yang ada di seputar gereja dari tim Penjinak Bom (Jibom) Satuan Brimob Polda Sultra dan juga menyiapkan tim untuk mendeteksi bahan kimia biologi dan radioaktif.

Dalam proses sterilisasi, kata dia, beberapa tempat-tempat di dalam gereja diperiksa hingga dipastikan aman, sebelum ditinggalkan tim penjagaan yang bertugas untuk menjaga gereja tersebut.
  Tim Gegana Satuan Brimob Polda Sultra saat melakukan sterilisasi gereja, di Kendari, Minggu (24/12/2023). ANTARA/La Ode Muh Deden Saputra.
"Alat-alat yang digunakan untuk membantu kita melihat bagian-bagian yang susah dijangkau, seperti di bawah-bawah kursi dan sudut-sudut gereja, sehingga kita bisa lebih efisien untuk menjalankan tugas dalam rangka sterilisasi gereja," ujar Alit.

Dia menyebutkan bahwa dalam pelaksanaan sterilisasi gereja tersebut, tidak ditemukan benda-benda atau barang yang dapat membahayakan warga yang hendak melaksanakan ibadah Natal 2023.

"Semuanya aman dan terkendali, setelah sterilisasi akan disiagakan juga personel untuk melakukan pengamanan dalam rangka ibadah Natal malam ini," ujarnya.

Alit juga mengatakan selain sterilisasi di sejumlah gereja, pihaknya juga akan melaksanakan patroli di seputar wilayah Kota Kendari sepanjang pelaksanaan ibadah Natal untuk memastikan ibadah tersebut dapat berjalan lancar.
 

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024