Kendari (ANTARA) -
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan sebanyak Rp1,4 triliun uang tunai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
Kepala KPw BI Sultra Doni Septadijaya saat ditemui di Kendari, Rabu, mengatakan bahwa pada momen Natal dan Tahun Baru biasanya akan terjadi peningkatan aktivitas ekonomi khususnya transaksi uang tunai di tengah masyarakat.
 
"Pada Natal dan Tahun Baru ini, BI Sultra memproyeksikan penyaluran uang tunai melalui perbankan di Sultra mencapai Rp983 miliar sementara yang kami siapkan sebesar RP1,4 triliun, jadi masyarakat tidak perlu khawatir terjadinya kekurangan uang tunai," kata Doni.
 
Dia menyebutkan bahwa penyaluran uang tunai tersebut nantinya akan dititip di perbankan yang telah ditunjuk dan bekerja sama dengan BI Sultra, yakni di BNI Cabang Kota Baubau sebesar Rp92 miliar dan BRI Cabang Kabupaten Kolaka sebesar Rp24 miliar. Dua daerah tersebut dipilih karena permintaan dari wilayah tersebut cukup besar dibandingkan dengan wilayah lainnya di Provinsi Sultra.
 
"Jadi, untuk daerah-daerah yang berada di kepulauan bisa langsung berkoordinasi dengan BNI Baubau, begitu juga daerah di Sultra di daratan bisa ke BRI Kolaka atau langsung berkoordinasi dengan kantor pusat untuk memenuhi kebutuhan uang tunai," ujar Doni.
 
Untuk sisa uang tunai sebesar Rp116 miliar tersebut, Doni menjelaskan bahwa uang tunai itu akan disalurkan oleh di Kpw BI Sultra di Kendari melalui kas keliling dan pemenuhan kebutuhan uang tunai terhadap bank-bank yang mempunyai kantor cabang utama di Kota Kendari.
 
“Penukaran bisa juga dilakukan di Alfa Mart, Indomaret, dan Anoa Mart yang mempunyai logo Lingkar Koin Sultra. kami tidak membatasi jumlah uang yang akan ditukarkan tapi kami himbau agar menukar sesuai kebutuhan," jelasnya.
 
Penyediaan uang tunai untuk akhir tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun 2022 lalu. Peningkatannya hanya sekitar 10 persen atau sekitar Rp1,2 triliun.

Pewarta : La Ode Muh. Deden Saputra
Editor : Zabur Karuru
Copyright © ANTARA 2024